Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Peningkatan Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah Nahdatul Ulama (MTs NU) Putri 3 Buntet Pesantren Cirebon

Nur Anisa Fitriani, (2024) Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Peningkatan Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah Nahdatul Ulama (MTs NU) Putri 3 Buntet Pesantren Cirebon. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008109046_1_cover.pdf

Download (614kB)
[img] Text
2008109046_2_bab1.pdf

Download (219kB)
[img] Text
2008109046_6_bab5.pdf

Download (88kB)
[img] Text
2008109046_7_dafpus.pdf

Download (211kB)

Abstract

Supervisi akademik merupakan suatu proses yang ditempuh oleh kepala sekolah untuk membantu guru meningkatkan kemampuannya dalam mengelola pembelajaran yang efektif. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui 1) supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs NU Putri 3 Buntet Pesantren Cirebon 2) strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs NU Putri 3 Buntet Pesantren Cirebon 3) profesionalisme guru melalui supervisi akademik di MTs NU Putri 3 Buntet Pesantren Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, kepala tata usaha, dan guru. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawanacara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa supervsi akademik terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut guna meningkatkatkan profesionalisme guru. Strategi kepala sekolah harus didasarkan pada analisis SWOT Strenght (Kekuatan), Weaknesess (kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman) yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru. Sebagai guru yang profesional, guru harus memiliki kemampuan dan keterampilan dengan menguasai empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi profesional. Berdasarkan hasil penelitian bahwa implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs NU Putri 3 Buntet Pesantren sudah terlaksana dengan baik dan dapat berjalan sesuai dengan tujuan dan sasaran supervisi akademik. Kata Kunci : Supervisi Akademik, Strategi Kepala Madrasah, Profesional Guru

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:50
Last Modified: 16 Aug 2024 06:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14418

Actions (login required)

View Item View Item