Strategi Pemasaran Pendidikan melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di MTs Negeri 2 Cirebon

Lili Indriyani, (2024) Strategi Pemasaran Pendidikan melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di MTs Negeri 2 Cirebon. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008109061_1_cover.pdf

Download (836kB)
[img] Text
2008109061_2_bab1.pdf

Download (647kB)
[img] Text
2008109061_6_bab5.pdf

Download (237kB)
[img] Text
2008109061_7_dafpus.pdf

Download (452kB)

Abstract

Pada saat ini banyak berdirinya pendidikan baru yang bermunculan di Babakan Ciwaringin Cirebon. Hal tersebut menjadi masalah sendiri bagi sekolah untuk bisa bersaing dalam menarik minat calon peserta didik, MTs Negeri 2 Cirebon harus pandai dalam menyususun strategi dalam memasarkan pendidikannya. Strategi pemasaran pendidikan dapat dilaksanakan dengan bauran pemasaran dan melalui penggunaan media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pendidikan melalui media sosial, faktor pendukung dan penghambat pemasaran pendidikan melalui media sosial, strategi mengatasi faktor penghambat pemasaran pendidikan melalui media sosial di MTs Negeri 2 Cirebon. Metode yang digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran lembaga pendidikan melalui media sosial sudah berjalan dengan baik walaupun belum terlaksana dengan maksimal. faktor pendukung dan penghambat pemasaran pendidikan melalui media sosial dalam meningkatkan jumlah peserta didik diantaranya faktor yang mendukung ialah dukungan yang kuat dari kepala madrasah, guru, staff sekolah dan siswa/i MTs Negeri 2 Cirebon dan antusias masyarakat yang baik.Sedangkan faktor penghambat pemasaran pendidikan melalui media sosia kurangnya sarana dan prasarana sebagai penunjang proses pemasaran lembaga pendidikan, kurangnya sumber daya manusia yang ahli di bidang digital marketing untuk mengelola akun media sosial, masih banyak masyarakat yang kurang memahami dan menguasai teknologi. Strategi mengatasi faktor penghambat tersebut dilakukan dengan memanfaatkan alat-alat seadanya untuk digunakan, memanfaatkan guru yang paham teknologi untuk mengelola akun media sosial kemudian memberikan edukasi dan arahan kepada masyarakat yang belum paham. Kata Kunci : Manajemen, Bauran Pemasaran, Media Sosial, Siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 16 Aug 2024 07:28
Last Modified: 16 Aug 2024 07:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14430

Actions (login required)

View Item View Item