DEVA NURUL AULIA, (2024) IMPLEMENTASI SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) SALAFIYAH BODE KECAMATAN PLUMBON KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1-Manajemen Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (278kB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (115kB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Download (104kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) |
Abstract
Supervisi pendidikan mampu menjadi landasan yang kokoh dalam peningkatan mutu pendidikan, memastikan bahwa standar pendidikan tercapai, dan memberikan dukungan yang diperlukan kepada para pendidik untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam mengajar. Pengingkatan mutu pembelajaran di Mts Salafiyah perlu ditingkatkan melalui proses supervise pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis pelaksanaan Supervisi akademik yang berlangsung di MTs Salafiyah Bode Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. 2) Mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat supervisi akademik yang mempengaruhi mutu pembelajaran di MTS Salafiyah Bode Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. 3) Menganalisis mutu pembelajaran yang berlangsung di MTs Salafiyah Bode Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian ini adalah kualitatif studi kasus. Instrumen yang digunakan yakni lembar wawancara untuk guru, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan kepala sekolah untuk menggali informasi keterlaksanaan supervisi pendidikan berkaitan dengan mutu pembelajaran. Analisis dan pengolahan data yang dihasilkan menggunakan triangulasi data berupa data hasil wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Dari penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa 1) Supervisi akademik di MTs Salafiyah Bode, Plumbon, Cirebon, memastikan mutu pendidikan dengan evaluasi kurikulum, pengembangan guru, dan rencana perbaikan. 2) Mutu supervisi dipengaruhi komitmen kepemimpinan dan partisipasi guru, sementara hambatan termasuk resistensi guru dan keterbatasan waktu. 3) MTs Salafiyah Bode telah mencapai standar pembelajaran yang baik dengan kurikulum relevan, metode bervariasi, guru bermutu, dan lingkungan belajar yang mendukung. Kata Kunci : Supervisi Pendidikan, Mutu Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 04:05 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 04:05 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14453 |
Actions (login required)
View Item |