IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MEMPELAJARI KITAB SAFINATUNNAJAH DI PONDOK PESANTREN AL IHYA KOTA CIREBON

LUQMAN ISMAIL, (2024) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MEMPELAJARI KITAB SAFINATUNNAJAH DI PONDOK PESANTREN AL IHYA KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati..

[img] Text
1. COVER sd DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (370kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (506kB)

Abstract

Pondok Pesantren Al Ihya merupakan salah satu lembaga pondok pesantren yang menerapkan metode sorogan. Metode sorogan di Pondok Pesantren Al Ihya sudah berjalan dengan baik, santri juga terlihat disiplin saat mengikuti pembelajaran. Namun demikian praktiknya masih ditemukan hal-hal yang dapat memperhambat jalannya pembelajaran. Diantaranya para santri sering merasa bosan, cepat mengantuk, dan masih belum menguasai ilmu nahwu dan shorof. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran kitab safinatunnajah menggunakan metode sorogan, mengetahui hambatan pembelajaran kitab safinatunnajah menggunakan metode sorogan, dan mengetahui dampak positif pembelajaran kitab safinatunnajah setelah menggunakan metode sorogan di pondok pesantren Al-Ihya Kota Cirebon. Metode sorogan adalah sebuah cara atau pola pembelajaran secara individual dimana seorang santri menyorogkan kitabnya kepada kyai atau ustadz untuk ditashih atau dibenarkan secara langsung oleh kyai serta pada kesempatan ini terjadi interaksi di antara keduanya pada proses pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah ustadz/pengajar metode sorogan dan santri Pondok Pesantren Al Ihya Kota Cirebon. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi. Sedangkan untuk keabsahan data penulis menggunakan Teknik triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Metode sorogan kitab Safinahtunnajah yang diimplementasikan di Pondok Pesantren Al Ihya merupakan kombinasi antara metode sorogan dan metode bandongan. 2) Hambatan metode sorogan yang diimplementasikan pada kitab Safinatunnajah di Pondok Pesantren Al Ihya yaitu, santri kesulitan dalam menghafalkan dan menulis makna jawa pegon, santri seringkali salah dalam melafadzkan harakat di akhir kalimat, santri kesulitan dalam menerapkan kaidah ilmu nahwu dan shorof, dan santri cepat merasa bosan dan jenuh. 3) Dampak Positif metode sorogan yang diimplementasikan pada kitab Safinatunnajah di Pondok Pesantren Al Ihya yaitu Para ustadz dan pengajar dapat melakukan pengamatan, pengawasan, penilaian dan bimbingan secara maksimal terhadap kemampuan santrinya dalam membaca dan memahami kitab Safinatunnajah. Kata Kunci: Implementasi, Metode Sorogan, Dampak Positif

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 19 Aug 2024 04:19
Last Modified: 19 Aug 2024 04:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14458

Actions (login required)

View Item View Item