PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN

Cindy Claudia Puspita, (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN. Bachelor thesis, S1- PGMI IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1 Cover - DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (167kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan menulis permulaan, seperti kurangnya pemahaman siswa dalam penggunaan huruf kapital, kurangnya pemahaman siswa dalam penggunaan tanda baca dan siswa belum sepenuhnya menguasai huruf. Hal ini berimbas pada proses menulis ketika pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti mencoba memberikan alternatif dengan mengembangkan media Big Book untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan. Menulis permulaan mengacu pada penulisan huruf, kata, dan tanda baca seperti huruf kapital, titik, koma, dan tanda tanya. Big Book merupakan perantara atau alat bantu belajar yang berbentuk buku pelajaran berukuran besar, dilengkapi teks dan gambar yang besar. Big Book merupakan media yang memiliki ciri-ciri atau karakteristik tersendiri, sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam mengajarkan semua aspek bahasa baik itu membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengembangan media Big Book dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa, (2) mengetahui kelayakan media Big Book dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa, (3) mengetahui efektivitas media Big Book dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE, yang terdapat 5 tahapan yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Intstrumen pengumpulan data penelitian ini yaitu angket lembar validasi ahli dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh sebanyak 26 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validasi ahli dan uji efektivitas menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media Big Book memperoleh kriteria sangat layak dan cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi media diperoleh persentase sebesar 95% dengan kategori sangat layak, hasil validasi bahasa diperoleh persentase sebesar 92,5% dengan kategori sangat layak, dan hasil validasi materi diperoleh persentase sebesar 92,5% dengan kategori sangat layak. Adapun hasil efektivitas media diketahui dari hasil pretest dan posttest dengan memperoleh skor N-Gain sebesar 0,60 dengan kategori peningkatan sedang dan hasil N-Gain persen sebesar 60,2 dengan kriteria cukup efektif. Kata kunci: media pembelajaran, Big Book, kemampuan menulis permulaan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:53
Last Modified: 19 Aug 2024 06:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14476

Actions (login required)

View Item View Item