PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS QUICK RESPONSE (QR) CODE PADA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI ADAB TERHADAP TETANGGA DI KELAS III MI AL WASHLIYAH PERBUTULAN

PUTRI APRILIANI, (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK BERBASIS QUICK RESPONSE (QR) CODE PADA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI ADAB TERHADAP TETANGGA DI KELAS III MI AL WASHLIYAH PERBUTULAN. Bachelor thesis, S1- PGMI IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (306kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (537kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi proses pembelajaran di kelas III menunjukkan bahwa penggunaan media konvensional saja membuat pembelajaran kurang menarik dan kurang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran komik berbasis Quick Response (QR) Code pada pelajaran akidah akhlak, mengetahui tingkat kelayakan dari media yang dikembangkan, dan menganalisis respon pengguna terhadap pengembangan media pembelajaran komik berbasis Quick Response (QR) Code. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan yang sering disebut dengan istilah Research And Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE melibatkan tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Uji kelayakan validasi ahli materi, skor yang didapatkan yaitu 65, sehingga presentase kelayakan yang didapatkan yaitu 93% termasuk ke dalam kriteria sangat valid atau sangat layak digunakan. Uji kelayakan validasi ahli media dilakukan dua kali validasi. Pada validasi pertama skor yang didapatkan yaitu 90, sehingga presentase kelayakan yang didapatkan yaitu 90% termasuk dalam kriteria sangat valid atau sangat layak digunakan. Uji kelayakan validasi ahli bahasa, skor yang didapatkan yaitu 33, sehingga presentase kelayakan yang didapatkan yaitu 94% termasuk ke dalam kriteria sangat valid atau sangat layak digunakan. Hasil dari respon peserta didik didapatkan skor 44,63 atau presentase kepuasan penggunaan yaitu 89,26%. Maka kepuasan penggunaan media pembelajaran komik berbasis QR Code berada pada kategori sangat memuaskan. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Komik, QR Code

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:02
Last Modified: 19 Aug 2024 07:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14479

Actions (login required)

View Item View Item