Agus Siswanto, (2024) Model Integrasi Pendidikan Seks Dalam Pembelajaran pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Pada Kurikulum Merdeka Di SMAN 1 Mandirancan. Tesis. IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2024. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf Download (717kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (633kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (203kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (333kB) |
Abstract
Kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi semakin memudahkan seseorang tidak terkecuali remaja dalam mengakses informasi, salah satunya adalah informasi mengenai seks. Akibatnya banyak remaja yang melakukan pelanggaran perilaku seksual karena minimnya pemahaman mengenai pendidikan seks yang benar dan pendidikan moral di kalangan remaja baik disekolah, keluarga maupun masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang model integrasi pendidikan seks dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti pada kurikulum merdeka di SMAN 1 Mandirancan serta mengetahui seberapa efektifitas model integrasi pendidikan seks dalam pembelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti pada kurikulum merdeka di SMAN 1 Mandirancan. Peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and development). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Plomp. Fase yang dilalui adalah fase investigasi, fase desain, fase realisasi/konstruksi, fase evaluasi dan implementasi. Berdasarkan hasil penelitian, Model integratif pendidikan seks di SMA Negeri 1 Mandirancan yang di gunakan adalah model integrasi dengan mengembangkan perangkat pembelajaran (Modul Ajar) yang lebih menekankan kepada capaian pembelajaran dengan menggunakan teori Fogarty, yaitu thewebbed model dan integreted model serta teori Amin Abdullah tentang Islamisasi Pendidikan. Validitas model Integratif Pendidikan Seks Setelah diuji oleh pakar didapat penilai sebesar 4,1 dengan skala baik dari segi kelayakan isi dan 4,6 dengan skala sangat baik dalam penyajian, penilaian sebesar 4,4 dengan skala sangat baik dari segi bahasa dan keterbacaan serta penilaian 4,5 dengan skala sangat baik dari segi kontekstual, jika ditotal secara keseluruhan didapat 4,4 dengan skala sangat baik dari segi penilaian modul ajar ini. Efektivitas model Integrasi pendidikan seks hasil tampilan materi dengan respons siswa mencapai 96%. Pemaparan materi mencapai 92%, Proses pengajaran mencapai 92% dan hasil belajar siswa pembelajaran mencapai 93%. Hasil analisa uji t dua sample berpasangan maka dapat diperoleh hasil sebagai berikut: t hitung lebih besar dari t tabel (-5.946 > 2.000), yang artinya ada perbedaan sebelum dan sesudah diberikan seks education dalam meningkatkan pengetahuan perilaku seksual.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 03:32 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 03:32 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14501 |
Actions (login required)
View Item |