FITRIA DEWI, (2020) Efektivitas Media Sosial dalam Optimalisasi Kegiatan Pembelajaran dan Pembinaan Nilai Keagamaan Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Al Washliyah Perbutulan Cirebon. Masters thesis, KEMENAG RI.
Text
AWALAN-DAFTAR ISI.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (350kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap proses kegiatan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 dengan sistem belajar secara daring dengan menerapkan media sosial sebagai pengantar pembelajaran di masa pandemi. Menurut para guru di sekolah tersebut, proses kegiatan pembelajaran secara daring merupakan hal baru yang dilaksanakan para guru dan siswa sehingga timbul banyak keresahan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di masa pandemi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran media sosial dalam optimalisasi kegiatan pembelajaran dan pembinaan nilai keagamaan siswa pada masa pandemi Covid-19. Kedua, bagaimana efektivitas penerapan media sosial dalam optimalisasi kegiatan pembelajaran dan pembinaan nilai keagamaan siswa pada masa pandemi Covid 19. Ketiga, faktor apa saja yang menghambat keefektifan penerapan media sosial dalam kegiatan pembelajaran dan pembinaan nilai keagamaan siswa pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang dilaksanakan di MI Al Washliyah Perbutulan Cirebon. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analitik dengan cara mengumpulkan semua data dari observasi di lapangan, wawancara, dokumen resmi/tidak resmi, dan foto hasil penelitian. Data tersebut ditelaah, direduksi, dianalisa dan disimpulkan dalam bentuk deskripsi. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini membahas mengenai pengertian efektivitas, pengertian media sosial, optimalisasi kegiatan pembelajaran, pembinaan nilai keagamaan siswa, serta penjelasan mengenai Covid-19. Hasil penelitian di MI Al Washliyah Perbutulan mendapatkan kesimpulan bahwa (1) proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan pembinaan nilai keagamaan siswa pada masa pandemi mengikuti ketentuan edaran SKB 4 Menteri dengan sistem pembelajaran daring melalui aplikasi media sosial. (2) Efektivitas penerapan media sosial untuk mengoptimalisasi kegiatan pembelajaran dan pembinaan nilai keagamaan siswa dilakukan dengan penyediaan fasilitas serta membuat Kelompok Kerja Guru untuk membahas, menentukan, membuat dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran dan pembinaan keagamaan siswa di sekolah tersebut. (3) Faktor penghambat efektivitas penerapan media sosial dalam kegiatan pembelajaran dan pembinaan nilai keagamaan siswa di masa pandemi masing-masing terdapat dari faktor internal dan eksternal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Literasi |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 02:02 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 02:02 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14521 |
Actions (login required)
View Item |