Pengembagan Kecerdasan Spiritual Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah (MA) Manbaul Huda Cisambeng Palasah Majalengka.

IRPAN MAULANA, (2020) Pengembagan Kecerdasan Spiritual Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah (MA) Manbaul Huda Cisambeng Palasah Majalengka. Masters thesis, KEMENAG RI.

[img] Text
AWALAN-DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (708kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (303kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (321kB)

Abstract

Pengembangan kecerdasan spiritual di dunia pendidikan merupakan penanaman karakter yang harus dimiliki oleh peserta didik. Hal ini dikarenakan semakin maraknya pergaulan bebas yang merupakan suatu kemerosotan moral bagi remaja kita. Madrasah Aliyah (MA) Manbaul Huda Cisambeng Palasah Majalengka merupakan lembaga pedidikan yang mengedepankan spiritualitas melalui proses hablumminAllah dan hablumminannās. Untuk itulah penelitian ini dilakukan, yaitu bertujuan untuk mengungkapkan pengembangan kcerdasan spiritual melalui mata pelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliya (MA) Mabaul Huda Cisambeng Palasah Majalengka. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan model penelitian studi kasus. Sedangkan metode yang digunakan, yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (a) kecerdasan spiritual ditempuh melalui HablumminAllah dan Hablumminannās. (b) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi Al-Qur‟an Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam yang pada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. (c) pengembangan kecerdasan spiritual melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada peserta didik yang dilakukan dengan mengunakan pendekatan guru sebagai tauladan, strateginya melalui nilai-nilai pedidikan agama Islam dan aktivitas keagamaan, metode yang digunakan adalah pemibasaan pada peserta didik, sehingga ada dampak dan manfaatnya bagi peserta didik. Setelah spiritual dikembangkan melalui kegiatan sholat, dzikir, puasa, zakat, shodaqoh, infaq, silaturrahmi, membaca dan mengkaji Al- Quran akan menumbuhkan potensi perilaku (sikap) yang lebih baik dan bermanfaat dalam menjalani hidupnya karena segala sesuatu yang dikerjakan berorientasi kepada kemaslahatan dan mencari keridhaan Allah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Literasi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 11 Sep 2024 02:07
Last Modified: 11 Sep 2024 02:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14522

Actions (login required)

View Item View Item