Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menerapkan Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi di SDN 1 Sumber Kabupaten Cirebon

Ubaedillah, (2020) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menerapkan Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi di SDN 1 Sumber Kabupaten Cirebon. Masters thesis, KEMENAG RI.

[img] Text
AWALAN-DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (180kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (69kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan bagaimana strategi Guru Pendidkan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam menerapkan pembelajaran Kurikulum 2013 revisi di kelas III SDN 1 Sumber Kabupaten Cirebon, mengungkapkan hasil pembelajarannya, sekaligus mendeskripsikan faktor penghambatnya. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif dimana fenomena yang terkait langsung dengan subjek penelitian difahami secara komprehensif. Kemudian setelah itu disajikan secara obyektif dan apa adanya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam menerapkan pembelajaran Kurikulum 2013 revisi di Kelas III SDN 1 Sumber Kabupaten Cirebon terdiri dari strategi perencanaan pembelajaran dan strategi pelaksanaan pembelajaran. Pada strategi perencanaan pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti mengkaji kurikulum, silabus, program tahunan, program semester, dan pembuatan RPP. Sementara pada pelaksanaan pembelajaran terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Untuk hasil pebelajarannya pada Kompetensi sikap menunjukkan rata-rata penilaian harian peserta didik baik. Sementara itu untuk kompetensi pengetahuan total rata-rata nilainya 80,81. Sedangkan untuk kompetensi keterampilan total rata-rata nilaianya adalah 81,74. Semetara itu Faktor penghambat dalam peleksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 diantaranya adalah, keterbatasan jumlah buku pelajaran, perencanaan dan penilaian pembelajaran yang rumit, kesulitan menerapkan pembelajaran kurikulum 2013 revisi dikelas bawah, terahir guru dituntut untuk menguasai IT.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Literasi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 11 Sep 2024 02:13
Last Modified: 11 Sep 2024 02:13
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14524

Actions (login required)

View Item View Item