PENDI SOPANDI, (2012) Nilai-Nilai pendidikan dalam Qur'an surat AL-BAQARAH [2] Ayat 67-74. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.
Text
1. Hal Depan_22.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. Bab 1_33.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. Bab 5_5.pdf Download (235kB) |
|
Text
7. Daftar Pustaka_2.pdf Download (88kB) |
Abstract
Pendi Sopandi:'' Nilai-Nilai Pendidikan dalam Qur'an Surat Al-Baqarah [2] Ayat 67-74'' Al-Qur'an diyakini umat Islam sebagai kalamullah yang mutlak benar, berlaku sepanjang zaman dan mengandung ajaran dan petunjuk berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Ajaran dan petunjuk Al-Qur'an tersebut berkaitan dengan konsep yang amat dibutuhkan oleh manusia dalam mengarungi kehidupannya. Pendidikan merupakan alat melanggengkan eksistensi sebuah peradaban, gagalnya pendidikan dalam sebuah peradaban berarti gagal pula peradaban tersebut dalam eksistensinya. Mengungkap nilai-nilai pendidikan dalam al-Qur'an untuk menjaga peradaban Islam merupakan sebuah kewajiban. Ayat Al-Quran yang menyıratkan langsung tentang hubungan guru murid adalah QS. Al-Baqarah [2]: 67-74, yang berisi dialog antara Nabiyallah Musa as. dengan Bani Israel. Untuk itu dalam penelitian ini diajukan beberapa pertanyaan. 1) Apa konsep nilai-nilai pendidikan ayat-ayat kisah dan komunikasi pembelajaran dalam al-Qur'an? 2) Apa tafsir QS. Al-Baqoroh [2] ayat 67-74? 3) Apa nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam QS. Al-Baqoroh [2] ayat 67-74? Berdasarkan perumusan masalah tersebut, maka pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan content analisys. Hal tersebut dilakukan karena data yang tersaji adalah dokumen tertulis. Hal tersebut memunculkan teknis penelitiannya adalah library research. Metode penelitian yang dipakai adalah metode tafsir al-tahlily, dengan langkah 1) mengungkap makna kosa kata, 2) mengungkap munasabah (korelasi), 3) mengungkap asbab al-muzul, dan 4) menganalisis dengan ilmu bantu untuk mengungkap nilai-nilai kandungan yang terdapat dalam ayat kajian. Dengan metode ini diharapkan bisa menguak tujuan penelitian yaitu 1) terdeskripsikan konsep nilai pendidikan dalam ayat kisah dan komunikasi pembelajaran Al- Qur'an. 2) Terjelaskan tafsir QS. Al-Baqarah ayat 67-74. Dan 3) tergambarkan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam ayat kajian. Komunikasi merupakan sesuatu hal yang fundamental dalam hidup dan kehidupan manusia pembelajaran merupakan bagian dari pendidikan, di dalamnya terjadi hubungan antar manusia. jika kualitas komunikasi pembelajaran buruk akan memperbynuk juga kualitas pendidikan. Komunikasi juga bukan ilmu yang independen, namun terkait dengan ilmu-ilmu lain yang mendukungnya. Konsekuansi logisnya ketika menggali nilai system komunikasi pasti akan muncul juga nilai-nilai lain yang mendukung dan terkadang tidak bisa dipisahkan. Hasil penelitian ini mengungkapkan 1) Nilai pendidikan darı Al-Qur'an sangat penting, karena nilai yang berasal dari sesuatu yang dianggap sakral akan berdampak baik bagi penganutnya. 2) QS. Al-Baqarah ayat 67-74 mengandung nilai komunikasi pendidikan yang efektif dalam pembelajaran, nilai akhlak, dan nilai ketuhanan. 3) Komunikasi pembelajaran yang dilakukan guru tidak akan efektif kalau seorang guru tidak mempunyai dua nilai pendidikan lainnya yaitu nilai pemaaf dan tauhid yang kuat. Kedua nilai terakhir merupakan penyokong nilai komunikasi pendidikan yang kuat, hilang salah satunya maka pembelajaran tidak akan efektif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 04:47 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 04:47 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14544 |
Actions (login required)
View Item |