Implementasi kompetensi leadership guru pendidikan agama islam dalam pembentukan budaya islami di SMP N 2 GEGESIK Kabupaten cirebon

NUNUNG NURAENI, (2019) Implementasi kompetensi leadership guru pendidikan agama islam dalam pembentukan budaya islami di SMP N 2 GEGESIK Kabupaten cirebon. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Cover dan Lembar Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nunung Nuraenih: Kompetensi Leadership Guru PAI dalam Pembentukan Budaya Islami di SMPN 2 Gegesik Kabupaten Cirebon. Kata Kunci: Kompetensi leadership, budaya Islami. Pembentukan budaya Islami di SMPN 2 Gegesik Kabupaten Cirebon telah dikembangkan guru PAI sebagai implementasi dari kompetensi leadership-nya. Namun, berperilaku Islami seolah hanya menjadi tradisi dan peraturan sekolah sehingga terkesan terpaksa dan setengah hati dalam menjalankannya, serta belum menjadi budaya secara individual siswa sebagai seorang muslim. Eksistensi guru Pendidikan Agama Islam di sekolah menjadi pertanyaan ketika banyak peserta didik yang tidak mampu mengimplementasikan nilai-nilai ajaran Islam. Sehingga dibutuhkan kompetensi khusus atau lebih dibanding guru- guru pada umumnya. Maka kompetensi leadership guru Pendidikan Guru Agama Islam menjadi suatu keharusan mengingat siswa yang belajar di sekolah berasal dari latar belakang pemahaman agama Islam yang beragam. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu untuk mengetahui apa yang terjadi di lingkungan di bawah pengamatan, seperti apa pandangan partisipan yang berada di latar penelitian dan seperti apa peristiwa dan aktivitas yang terjadi di latar penelitian. Peneliti berusaha merekam, mengamati dan menganalisa bagaimana kompetensi leadership guru PAI. proses implementasi, dan hasilnya di SMP Negeri 2 Gegesik Kabupaten Cirebon. Kompetensi leadership guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 2 Gegesik Kabupaen Cirebon, cukup baik dengan indikator kemampuannya mengelola sumber daya yang ada dalam mewujudkan budaya Islami di sekolah. Pembentukan budaya Islami dilakukan melalui pembiasaan, pemberian teladan, maupun kebijakan sekolah. Ada beberapa langkah strategi yang dilakukan guru PAI. diantaranya adalah merumuskan visi, misi dan tujuan Pendidikan Agama Islam secara jelas dan terukur. Mensosialisasikan visi, misi dan tujuan tersebut kepada seluruh civitas maupun stakeholder sekolah. Budaya Islami diantaranya adalah berbusana muslim, program shalat berjamaah, dhuha, tadarus. pembelajaran baca tulis alqur'an, kaligafi, marawis, jam'iyyah/majlis ta'lim. peringatan hari besar Islam, pengumpulan zakat, infaq dan shadaqoh, praktik qurban, serta ziarah. Budaya Islami di SMP Negeri 2 Gegesik tampak dalam perilaku peserta didik yang dibentuk melalui pembiasaan-pembiasaan secara bertahap dan berkelanjutan. Pembiasaan-pembiasaan tersebut juga dituangkan dalam bentuk tata tertib sekolah yang disosialisasikan melalui komite kepada para wali murid.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 11 Oct 2024 07:29
Last Modified: 11 Oct 2024 07:29
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14549

Actions (login required)

View Item View Item