MARINIH, (2019) Implementasi model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN Kebon Baru IV Kota Cirebon. Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (542kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
Abstract
Marinih. NIM : 14156310006, Implementasi model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN Kebon Baru IV Kota Cirebon Model pembelajaran problem based learningmerupakansalah satu modelpembelajaran dimana para peserta didik diajak untuk berperan aktifmenyelesaikan suatu masalah dalam kegiatan proses belajar mengajar. Pembelajaran berbasis masalah merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensi dari materi pmbelajaran. Pembelajaran ini akan menciptakan individu yang kritis dengan tingkat kreativitas yang tinggi dan tingkat keterampilan berpikir yang lebih tinggi pula. Berpikir kritis adalah berpikir reflektif. Reflektif berarti mempertimbangkan secara aktif, tekun, dan hati-hati terhadap segala alternatif sebelum keputusan yang memungkinkan siswa menemukan kebenaran dari kejadian-kejadian dan informasi yang mengelilingi mereka dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu model pembelajaran problem based learningsangat sesuai untuk melihat kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan yang ingin dicapaiyaitu :1. bagaimanaproses pembelajaran PAI dengan mempergunakan model problem based learning. 2. kemampuan pemecahan masalah siswa kelas 6 di SDN Kebon Baru IV melalui model problem based learning. 3. Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas 6 di SDN Kebon Baru IV pada mata pelajaran PAI melalui model problem based learning. Model pembelajaran problem based learningdalam pelaksanaan pembelajaran terdapat 5 langkah utama yaitu : (1) mengorientasikan siswa pada masalah; (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar; (3) memandu menyelidiki secara mandiri atau kelompok; (4) mengembangkan dan menyajikan hasil kerja; dan (5) menganalisis dan mengevaluasi hasil pemecahan masalah. Peneliti menarik kesimpulan sebagai berikut: Pertama, proses pembelajaran PAI dengan mempergunakan model problem based learning terimplementasi dengan baik dalam pembelajaran zakat, infaq dan sodaqoh, Kedua, Kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran PAI di kelas Eksperiment lebih tinggi dari kelas Kontrol. Hasil pretes kelas kontrol pada pretes sebesar 30,5882 sedangkan postes sebesar 51,9118 selisihnya sebesar 21,3236. Sedangkan pada kelas eksperimen pada pretes sebesar 25,3676 sedangkan postes sebesar 78,8235 jadi selisihnya 53,4559. Ketiga, hasil belajar PAI siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan yang cukup signifikan.Perhitungan hasil belajar PAI pada kelas kontrol sebelum penerapan model konvensional pada pretes sebesar 12,2353 hasil pada postes sebesar 18,2647 jadi selisihnya adalah 6,0294. Sedangkan pada kelas eksperiment sebelum penerapan PBL hasil pretesnya sebesar 10.1471 sedangkan pada postes sebesar 18,2059 jadi selisihnya sebesar 8,0588. Kata Kunci :Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar PAI
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 08:33 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 08:33 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14554 |
Actions (login required)
View Item |