AFIF PUDIN, (2012) Pengaruh kemampuan mengajar dan kedisplinan guru agama islam terhadap keberhasilan pembelajaran pendidikan agama islam (penelitian di SMA Negeri anjatan kabupaten indramayu). Masters thesis, S-2 Pendidikan Agama Islam.
Text
1. Hal Depan_27.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. Bab 1_22.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. Bab 5_3.pdf Download (89kB) |
|
Text
7. Daftar Pustaka_3.pdf Download (93kB) |
Abstract
AFIF PUDIN, NIM. 14106310023. PENGARUH KEMAMPUAN MENGAJAR DAN KEDISIPLINAN GURU AGAMA ISLAM TERHADAP KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (di SMA Negeri Anjatan Kabupaten Indramayu) Penelitian ini berangkat dari asumsi penulis tentang kemampuan guru dalam mengajar dengan berbagai perangkat pebelajaran yang lengkap, serta kedisiplinan guru PAl melalui proses pembelajaran yang baik dapat memberikan hasil belajar yang baik pula pada siswa terhadap ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Pembelajaran Agama Islam di SMA Negeri Anjatan Kabupaten Indramayu sesuai dengan kebutuhan adalah selama 2 jam pelajaran. Proses pembelajaran tersebut dilakukan umumnya oleh guru agama (PAI) yang memiliki latar belakang pendidikan S-1. Namun kenyataan di lapangan ternyata dilapangan tidak seluruh siswa berhasil memperoleh nilai yang diharapkan. Dalam kemampuan ini dirumuskan masalah sebagai berikut: Seberapa besar kemampuan mengajar gurur PAl di SMA Negeri Anjatan Kabupaten Indramayu? Seberapa besar Kedisiplinan guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri Anjatan Kabupaten Indramayu? dan seberapa besar pengaruh kemampuan mengajar dan kedisiplin guru Pendidikan Agama Islam terhadap keberhasilan pembelajaran Agama Islam di SMA Negeri Anjatan Kabupaten Indramayu baik secara parsial atau simultan? Penelitian ini, tujuan yang hendak dicapai oleh penulis terkait dalam penelitian sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui gambaran kemampuan mengajar dan kedisiplinan guru PAI. 2. Untuk mengetahui kedisiplinan guru PAJ dalam penyampaian materi pendidikan agama Islam dan mampu memberikan implikasi terhadap siswa. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ketiga hipotesis alternatif (H.) yang diajukan dalam penelitian ini diterima dan menolak hipotesis nol (Ho). Dengan demikian berarti terdapat hubungan positif antara (1) kemampuan mengajar (2) kedisiplinan guru dan (3) kemampuan mengajar dan kedisiplinan guru secara bersama-sama dengan keberhasilan belajar. Berdasarkan uraian tersebut maka beberapa kesimpulan penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut: 1. Terdapat pengaruh positif antara kemampuan mengajar terhadap keberhasilan belajar. 2. Terdapat pengaruh antara kedisiplinan guru terhadap keberhasilan belajar siswa. 3. Pola hubungan antara ketiga variable ini dinyatakan oleh persamaan regresi ganda Ý 38,08 0,39X1 + 0,22X2. kemampuan mengajar pendidikan agama Islam dan kedisiplinan guru akan dapat mengakibatkan terjadinya perubahan keberhasilan belajar sebesar 0,39 atau 0,22
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 01:28 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 01:28 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14558 |
Actions (login required)
View Item |