Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru dan Budaya Kerja Guru Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendang Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon

N. ARTI KARYATI, (2012) Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru dan Budaya Kerja Guru Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendang Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1. Hal Depan_33.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. Bab 1_17.pdf

Download (851kB)
[img] Text
6. Bab 5_8.pdf

Download (302kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka_1.pdf

Download (39kB)

Abstract

N. Arti Karyati: Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru dan Budaya Kerja Guru Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 2 Sendang Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon Masalah penelitian dirumuskan (1). Bagaimana pengaruh efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dengan mutu pendidikan? (2). Bagaimana pengaruh kinerja guru dengan mutu pendidikan? (3). Bagaimana pengaruh budaya kerja guru dengan mutu pendidikan? (4). Seberapabesar pengaruh efektivitas kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru dan budaya kerja guru bersama-sama dengan mutu pendidikan? Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1). Untuk menjelaskanpengaruh antara efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dengan mutu pendidikan. (2). Untuk menjelaskanpengaruh antara efektivitas kerja guru dengan mutu pendidikan. (3). Untuk menjelaskan pengaruh antara budaya kerja guru dengan mutu pendidikan. (4). Untuk membuktikanpengaruh antara efektivitas kepemimpinan kepala sekolah, kerja guru dan budaya kerja guru terhadap mutu pendidikan. Pengertian lain tentang efektivitas dan kepemimpinan yakni Efektivitas sekolah menunjukkan pada kemampuan sekolah dalam menjalankan fungsinya secara maksimal, baik fungsi ekonomis, fungsi sosial kemanusiaan, fungsi politis, fungsi budaya maupun fungsi pendidikan. Kerja guru dalam melaksanakan tugasnya, pelaksanaan tugas guru dikatakan efektif apabila terdapat keampuhan dalam proses belajar mengajar yang dilakukan, sehingga terjadi keseimbangan yang dinamis antara kualitas dan kuantitas pembelajaran dengan memanfaatkan sumber daya dan dana yang tersedia. Mutu dapat dimaknai dengan istilah kualitas atau juga kefektipan. Kualitas atau mutu adalah tingkat baik buruknya atau taraf, derajat sesuatu. Secara defenitif efektivitas dapat dinyatakansebagai tingkat keberhasilan dalam mencapai tujuan atau sasarannya. Penelitian ini menggunakan metode deskritif korelasional dengan pendekatan verifikatif yaitu penelitian yang pada dasarnya ingin menguji kebenaran dari suatu hipotesis melalui pengumpulan data dilapangan, Metode deskriftif korelasional bertujuan untuk menggambarkan perilaku setiap variabel penelitian dan berusaha menemukan pengaruh antara variabel yang diteliti. Dan Metode Mean-ways and Analysis (analisis mengenai alat-cara-tujuan). alat-co Sesuai dengan hasil penelitian, dapat disimpulkan dari ketiga variable tersebut ternyata variable Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah mempunyai pengaruh lebih besar terhadap peningkatan mutu sekolah, atau terjadi perbedaan sumbangan dari masing-masing variable bebas terhadap variable terikat yaitu variable Efeketivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) = 50,08%, variable Efektivitas Kerja Guru (X2) 40,29%, dan variable Budaya Kerja Guru (X3) = 15,86 % jadi Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah, Efektivitas Kerja Guru dan Budaya Kerja Guru secara bersama-sama dapat memprediksi peningkatan mutu sekolah sebesar 61,2%, sedangkan 38,8% adalah variable lain yang dalam penelitian ini belum terungkap.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 14 Oct 2024 03:43
Last Modified: 24 Oct 2024 02:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14566

Actions (login required)

View Item View Item