ANAN ABDUL MANAN, (2012) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran CTL dalam Meningkatkan Prestasi Kognitif dan Perilaku Keagamaan Siswa di SMP Negeri 1 Purwadadi Kabupaten Ciamis. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.
Text
1. Hal Depan_28.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. Bab 1_16.pdf Download (573kB) |
|
Text
6. Bab 5_3.pdf Download (98kB) |
|
Text
7. Daftar Pustaka_2.pdf Download (66kB) |
Abstract
ANAN ABDUL MANAN, Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran CTL dalam Meningkatkan Prestasi Kognitif dan Perilaku Keagamaan Siswa di SMP Negeri 1 Purwadadi Kabupaten Ciamis Proses pembelajaran merupakan sarana memperoleh pengetahuan bagi individu melalui learning to do, learning to be dan learning to live together, sesuai dengan paradigma baru pembelajaran yang disajikan untuk memudahkan para siswa memperoleh pengetahuan, sampai batas terpenuhinya taksonomi ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Pola kurikulum tingkat satuan pendidikan yang mulai dikembangkan pemerintah dewasa ini menuntut guru memiliki kompetensi merencanakan, menyajikan dan mengevaluasi proses pembelajaran yang dilakukannya, sesuai model pembelajaran yang dipilih. Salah satu model pembelajaran mutakhir yang sesuai dengan KTSP adalah model CTL (Contextual Teaching and Learning), masalahnya adalah apakah model pembelajaran CTL ini efektif digunakan dalam proses pembelajaran PAI, sehingga berkontribusi pada tingginya prestasi kognitif siswa dan perilaku keagamaan siswa makin baik. Untuk itu dilakukan penelitian di SMP Negeri 1 Purwadadi Kabupaten Ciamis. Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran CTL pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Purwadadi Kabupaten Ciamis; 2) Menggambarkan keadaan prestasi kognitif siswa dalam mata pelajaran PAI sesudah diterapkan model CTL; 3) mendeskripsikan perilaku keagamaan siswa di lingkungan sekolah sesudah diterapkannya model CTL; 4) menemukan besarnya efektivitas model pembelajaran CTL yang diterapkan guru PAI terhadap pretasi kognitif dan perilaku keagamaan siswa di SMP Negeri 1 Purwadadi Kabupaten Ciamis. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan data digunakan angket dengan skala likert, wawancara, studi pustaka/dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan pengolahan statistik analisis regresi secara manual untuk uji normalitas data parsial, pengolahan data statistik korelasional dan analisis regresi; menggunakan software SPSS 18, untuk pengujian keterikatan/besarnya efektivitas antara varibel dependen (X) dengan variabel independen (Y1 dan Y2). Hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa model pembelajaran CTL yang dikembangkan guru PAI di SMP Negeri 1 Purwadadi efektif dalam meningkatkan prestasi kognitif dan perilaku keagamaan siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pengujian, nilai R 0,840 dan koefisien determinasi sebesar 0,705. Angka tersebut menunjukkan pengertian bahwa penerapan model pembelajaran CTL memiliki nilai efektif sebesar 70,5% bagi prestasi kognitif dan perilaku keagamaan, sedangkan sisanya (100%-70.5% 29,5%) dipengaruhi oleh sebab- sebab lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 04:38 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 02:10 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14570 |
Actions (login required)
View Item |