Pelaksanaan Sistem Full Day School di SD Islam Mumtaz Cidahu Kuningan Jawa Barat.

Rima Melati, (2019) Pelaksanaan Sistem Full Day School di SD Islam Mumtaz Cidahu Kuningan Jawa Barat. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (836kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)

Abstract

Rima Melati : Pelaksanaan Sistem Full Day School di SD Islam Mumtaz Cidahu Kuningan Jawa Barat. SD Islam Mumtaz melaksanakan sistem full day school sejak tahun 2014, namun dalam kenyataanya belum memenuhi sepenuhnya persyaratan pendirian sekolah fullday sesuai harapan UUD Perpres No 87 tahun 2017, diantaranya belum lengkapnya sarana prasarana dan kurangnya tenaga SDM yang professional. Namun prestasi siswanya dalam hal afektif terlihat sopan, hapalanya terdengar sudah baik, dan siswanya selalu bertambah tiap tahunya. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, yang menjadi fokus penelitian ini adalah sistem pembelajaran full day school di SD Islam Mumtaz Cidahu. Kemudian fokus penelitian tersebut terinci dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan penelitian sebagai berikut : 1. Bagaimana konsep dasar dan sistem full day school? 2. Bagaimana kondisi objektif SD Islam Mumtaz Cidahu Kuningan Jawa Barat? 3. Bagaimana pelaksanaan sistem full day school di SD Islam Mumtaz Cidahu Kuningan Jawa Barat? Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan sistem full day school di SD Islam Mumtaz Cidahu Kuningan Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, peneliti bertindak langsung sebagai instrument dan sebagai pengumpul data dari hasil observasi yang mendalam serta terlibat aktif dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, serta analisis dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah; pertama full day school adalah sekolah yang pelaksanaan pembelajaranya sehari penuh selama 5 hari efektif, dengan proses pembelajarannya yang memberikan waktu tambahan untuk memperdalam materi pelajaran agama dan program unggulan lainya. Kedua, sekolah ini didirikan sebagai wujud kepedulian masyarakat terhadap penanaman nilai-nilai agama pada generasi penerus. SD Islam Mumtaz berdiri di sebuah area pedesaan, sehingga menjadikan sekolah ini memiliki suasana yang cukup lengang dan kondusif sebagai kegiatan pembelajaran SD Islam Mumtaz Cidahu Kuningan Jawa Barat. Ketiga, pelaksanaan sistem full day di SD Islam Mumtaz memadukan dua kurikulum yaitu kurikulum kemendikbud dan kurikulum yayasan Imam Nawawi dimapel PAI (tauhid, akhlak, fiqih, dzikir do‟a, hifdzul hadits, al-qur‟an, halaqoh, tahfidz quran dan membaca arab gundul). Metode pembelajaranya dibuat mudah menyenangkan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Oct 2024 01:57
Last Modified: 24 Oct 2024 02:00
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14576

Actions (login required)

View Item View Item