Manajemen Implementsi Kurikulum Sekolh Berbasis Pesantren Di SMP NU AN-NASUHA Kalimukti Cirebon (Studi Kualitatif)

AHMAD LABIEB, (2019) Manajemen Implementsi Kurikulum Sekolh Berbasis Pesantren Di SMP NU AN-NASUHA Kalimukti Cirebon (Studi Kualitatif). Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)

Abstract

AHMAD LABIEB Manajemen Implementasi Kurikulum Sekolah Berbasis Pesantren di SMP NU An-Nashuha Kalimukti Cirebon (Studi Kualitatif). Implementasi kurikulum merupakan proses menerapkan rencana kurikulum (program) dalam bentuk pembelajaran, melibatkan interaksi siswa dengan guru dan dalam konteks persekolalıan. Implementasi kurikulum dapat juga diartikan sebagai aktualisasi kurikulum tertulis (written curriculum) kedalam bentuk pembelajaraan. Implementasi juga dapat diartikan sebagai suatu proses penerapan ide dan konsep. Adapun kurikulum dapat diartikan dokumen kurikulum (kurikulum potensial). Dikemukakan juga bahwa implementasi kurikulum merupakan proses interaksi antara fasilitator sebagai penegembangan kurikulum, dan peserta didika sebagai subjek belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk menganalisis secara mendalam perencanaan implementasi kurikulum sekolah berbasis pesantren di SMP NU An-Nasuha Pabedilan Cirebon. 2) Untuk menganalisis secara mendalam pelaksanaan implementasi kurikulum sekolah berbasis pesantren di SMP NU An-Nasuha Kalimukti Pabedilan Cirebon. 3) Untuk menganalisis secara mendalam evaluasi implementasi kurikulum sekolah berbasis pesantren di SMP NU An-Nasuha Kalimukti Pabedilan Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Unit analisis yang digunakan adalah kepala sekolah, pengurus dan dewan asatidz yayasan, siswa, guru, dan orang tua siswa. Hasil peneliti dijabarkan kedalam tiga aspek. Pertama, perencanaan implementasi kurikulum yaitu menganalisis kebutuhan, merumuskan isi kurikulum menyusun Program Tahunan (Prota), dan menyusun Program Semester (Promes). Kedua, pelaksanaan implementasi kurikulum yaitu Pembagian tugas mengajar dan tugas lain; Penyusunan jadwal pelajaran untuk semua guru mengajar, Penyusunan jadwal pola kegiatan jika guru mengalami kesulitan. Ketiga, evaluasi implementasi kurikulum. Laporan kegiatan pelaksanaan kurikulum guru dalam bentuk laporan kegiatan semester, rapat evaluasi semester, Tindak lanjut dari evaluasi dalam menunjang implementasi kurikulum.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Oct 2024 03:11
Last Modified: 24 Oct 2024 01:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14580

Actions (login required)

View Item View Item