ISMATUL MAULA, (2019) KOMPETENSI KEPRIBADIAN PENDIDIK MENURUT AL-GHAZALI(Studi Analisis terhadap Kitab Ihyā‘Ulūm al-Addīn Jilid 1 Bab al-‘Ilm). Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (271kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (201kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
Abstract
Ismatul Maula, 2019. Kompetensi Kepribadian Pendidik Menurut Al-Ghazali. Tesis Program Pascasarjana Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembimbing : Dr. H. Ahmad Asmuni, MA dan Dr. H. Suteja, M.Ag Kata kunci : Kompetensi Kepribadian Pendidik menurut al-Ghazali Kompetensi adalah dasar awal bagi seorang guru untuk melaksanakan tugasnya dalam mengajar, akan tetapi dewasa ini banyak guru yang tidak memahami arti penting sebuah kompetensi. Banyak dari mereka yang mengajar hanya sebatas menunaikan kewajiban tanpa mempertimbangkan aspek kompetensi yang merupakan landasan dasar dalam pembelajaran. al-Ghazali sebagai tokoh pendidikan Islam banyak menyumbangkan pemikiran dalam dunia pendidikan, diantara yang menjadi perhatian beliau adalah pada komponen guru dan siswa. Dalam pemikiran mengenai guru yang beliau membahasnya dalam kitab Ihyā ‘Ulūm al-Addīn Jilid 1 Bab al-‘Ilm. Al-Ghazali menjelaskan bagaimana kompetensi kepribadian pendidik yang harus dimiliki sebelum melakukan tugas mengajar. Yang menjadi permasalahan dari penelitian ini adalah “Bagaimana kompetensi kepribadian pendidik menurut al-Ghazali”?. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi kepribadian pendidik menurut al-Ghazali. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan mengambil karya dari seorang ulama yang menyumbangkan banyak pemikiran dalam dunia pendidikan yaitu Abu Hamid Muhammad bin Muhammad At-Thusi al-Ghazali atau yang lebih dikenal dengan Al-Ghazali. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi yang terdiri dari sumber data primer berupa Kitab Ihyā ‘Ulūm al-Addīn Jilid 1 Bab al-‘Ilm, dan sekunder berupa buku-buku lain yang mendukung tema penelitian. Analisis data menggunakan analisiss konten (analisis isi) memakai pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian pendidik menurut al-Ghazali terdiri dari lima aspek yaitu, pengetahuan, keterampilan, sikap, teladan, dan etika. Pengetahuan adalah merupakan modal awal sebelum mengajar, al-Ghazali menjelaskan bahwa pengetahuan harus membawa pada sebuah kebenaran. Keterampilan adalah bagaimana seorang guru mampu menciptakan keadaan yang membuat nyaman siswa dalam pembelajaran, serta keterampilan guru dalam membawakan materi pembelajaran sesuai dengan daya tangkap dan pemahaman siswa. Al-Ghazali mengemukakan aspek sikap sebagai sesuatu keadaan personal yang harus dilakukan di segala lingkungan baik di kelas, sekolah, maupun di masyarakat. Keteladanan adalah suatu sikap, perkataaan, dan perbuatan yang baik yang senantiasa harus ditunjukkan di depan murid sehingga menjadi contoh yang baik. Sedangkan etika adalah kesesuian antara apa yang diucapkan dengan apa yang dilakukan sehingga tidak membawa dusta.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Kepribadian Pendidik menurut al-Ghazali |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 03:45 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 01:48 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14587 |
Actions (login required)
View Item |