IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MANDIRI MATA PELAJARAN PAI (Studi Kasus Pada Program Paket C PKBM Samiaji)

A. R. TAUFIQ SATRIA AZHAR, (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MANDIRI MATA PELAJARAN PAI (Studi Kasus Pada Program Paket C PKBM Samiaji). Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1.Cover,Lembar Pengesahan dll.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2.Bab I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
6.Bab V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
7.Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (99kB)

Abstract

AR. Taufiq Satria Azhar : Implementasi Pembelajaran Mandiri Mata Pelajaran PAI. Pembelajaran mandiri sangat penting karena proses pembelajaran mandiri dapat meningkatkan kemauan dan keterampilan peserta didik dalam proses belajar Tanpa bantuan orang lain. Sehingga pada akhirnya peserta didik akan berperan aktif dalam mengatur sendiri pembelajarannya, dan tidak bergantung pada guru atau instruktur. Untuk itu Implementasi Pembelajaran Mandiri di anggap penting. Rumusan dalam penelitian adalah:(1) Bagaimana implementasi pembelajaran mandiri mata pelajaran PAI pada PKBM Samiaji ? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran mandiri mata pelajaran PAI pada PKBM Samiaji ? (3) Apa Implikasi implementasi pembelajaran mandiri mata pelajaran PAI pada PKBM Samiaji ? Tujuan Penelitian untuk menjelaskan: (1) implementasi pembelajaran mandiri mata pelajaran PAI pada PKBM Samiaji ? (2) faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran mandiri mata pelajaran PAI pada PKBM Samiaji ? (3) Implikasi implementasi pembelajaran mandiri mata pelajaran PAI pada PKBM Samiaji? Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan riset lapangan dan menggunakan tehnik pengumpulan data dengan tehnik observasi, dokumentasi dan wawancara dengan para narasumber dan informan. Hasil Penelitian: 1. Implementasi Pembelajaran Mandiri Mata Pelajaran PAI, Sebagai Berikut: Kegiatan Belajar Mengajar hanya 2 hari, membagikan Modul Kepada Setiap Siswa pada Saat Pertama Masuk, Menggunakan Teknologi Indformasi Berupa Kaset CD,WA dan lainnya, dan terakhir adalah Belajar kelompok perdaerah.2. Faktor pendukung dan penghambat: pendukung adalah: Guru yang Profesional,Motivasi Siswa, Disiplin Diri, Dukungan Orangtua, Kesadaran Siswa, Dukungan Dari Pimpinan, Sarana dan Prasarana. Penghambatnya adalah: Siswa lebih mengutamakan pekerjaan, Kesulitan Guru Mengawasi Siswa Belajar Di Rumah, Jika ada Permasalahan Tidak Segara Menemukan Jawaban, gedung sekolah yang masih menumpang.3. Implikasi Implementasi Pembelajaran Mandiri Mata Pelajaran PAI adalah:Tidak Mengganggu Waktu Bekerja, Belajar Tanpa Mengandalkan Bantuan Orang Lain,Dengan Menggunakan Teknologi Informasi belajar lebih.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Oct 2024 04:32
Last Modified: 24 Oct 2024 01:44
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14591

Actions (login required)

View Item View Item