Peran Guru Pai Dalam Menerapkan Wawasan Nasionalisme Dan Kebangsaan (Studi Kasus Di Smk Karya Bakti Brebes Tahun Ajaran 2017/2018)

SOLAHUL MUJAHIDIN, (2018) Peran Guru Pai Dalam Menerapkan Wawasan Nasionalisme Dan Kebangsaan (Studi Kasus Di Smk Karya Bakti Brebes Tahun Ajaran 2017/2018). Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)

Abstract

SOLAHUL MUJAHIDIN, NIM 14156310038 Peran Guru Pai Dalam Menerapkan Wawasan Nasionalisme Dan Kebangsaan (Studi Kasus Di Smk Karya Bakti Brebes Tahun Ajaran 2017/2018) Permasalahan bangsa Indonesia yang sering terjadi pada masa sekarang dan menjadi isu nasional dan bahkan internasional adalah degradasi moralitas bangsa yang sangat memprihatinkan, terjadinya perkelahian. kerusuhan, tawuran antarpelajar, yang sangat meresahkan turut memberikan gambaran mengenai realitas masalah kebangsaan di Indonesia. Target tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian adalah mendeskripsikan gambaran Pendidikan Agama Islam, model pembelajaran di SMK Karya Bhakti Brebes, pandangan guru, siswa, orang tua dan tokoh masyarakat tentang Wawasan Nasionalisme dan Kebangsaan. Dengan demikian maka perumusan maslaah yang timbul adalah (a) Bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Karya Bhakti Brebes? (b) Bagaimana usaha guru Pendidikan Agama Islam untuk menanamkan nilai-nilai wawasan nasionalsme dan kebangsaan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kepada siswa-sisiwi SMK Karya Bhakti Brebes ? dan (c) Apa kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam untuk menanamkan nilai-nilai wawasan nasionalisme dan kebangsaan kepada siswa- sisiwi SMK Karya Bhakti Brebes. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati dengan cara observasi /pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap gejala yang tampak pada obyek penelitian, metode ini berguna bagi penulis dalam menggali informasi secara langsung kepada informan (pemberi informasi) baik Kepala Sekolah, guru dan siswa guna memperoleh informasi tentang peranan yang selama ini diberikan oleh guru Pendidikan Islam dalam hal wawasan nasionalisme kebangsaan yang selama ini di perankan di SMK Karya Bhakti Brebes. Pendidikan wawasan Nasionalisme dan Kebangsaan tidak dapat berdiri sendiri sebagai mata pelajaran karena ia harus diinternalisasikan dalam bidang studi lain, misalnya Pendidikan agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk menemukan proses internalisasi nilai-nilai kebangsaan melalui mata pelajaran PAI yang meliputi konteks, input, proses, serta produk akhir internalisasi nilai-nilai kangsaan dan nasionalisme melalui mata pelajaran PAI pada peserta didiknya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta penelitian ini menemukan 4 temuan. (1) Secara konteks, strategi penanaman nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme melalui mata pelajaran agama pada peserta didik SMK Karya Bhakti Brebes dilakukan melalui kebijakan sekolah, iklim, sistem sekolah, kualitas sarana dan prasarana, serta budaya pada setiap.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Oct 2024 07:17
Last Modified: 24 Oct 2024 01:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14599

Actions (login required)

View Item View Item