Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural (Studi Kasus Konsep dan Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Di Kelas X TAV SMK Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes). Tesis, Cirebon: Pascasarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2018.

HERO PRAYOGO, (2018) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural (Studi Kasus Konsep dan Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Di Kelas X TAV SMK Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes). Tesis, Cirebon: Pascasarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2018. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

HERO PRAYOGO Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural (Studi Kasus Konsep dan Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Di Kelas X TAV SMK Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes). Tesis, Cirebon: Pascasarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2018. Pendidikan multikultural adalah kegiatan belajar mengajar yang memberikan pengetahuan, pemahaman, sikap dan tindakan dalam mengembangkan atas kondisi perbedaan dan persamaan peserta didik terkait dengan jenis kelamin, ras, budaya, etnik dan agama. Pendidikan agama multikultural mengusung pendidikan sosial untuk menanamkan kesadaran hidup bersama dalam keragaman dan perbedaan budaya. Sekolah memegang peranan penting dalam menanamkan nilai multikultural kepada peserta didik. Peserta didik di SMK Negeri 1 Bulakamba terdiri dari dua etnis, yaitu etnis Jawa dan etnis Sunda. Hidup rukun, tertib, disiplin dengan memiliki kesadaran demokrasi dan toleransi adalah ciri khas dari SMK tersebut. Penelitian ini difokuskan di kelas X TAV, hal ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisa dan menjelaskan konsep dan implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multikultural di kelas X TAV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian kualitatif fenomenologi. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Bulakamba, data yang yang diperoleh berupa hasil wawancara, kuisioner tertulis, dokumen profil SMK, dokumen kurikulum jurusan TAV SMK, dokumen kurikulum mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X SMK dan dokumentasi foto selama melakukan penelitian. Pendidikan multikultural di SMK Negeri 1 Bulakamba pada dasarnya sudah dilaksanakan sejak awal berdirinya SMK, yaitu pada tahun 1999. Konsep pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multikultural di kelas X TAV SMK Negeri 1 Bulakamba tertuang di dalam KI- 1 sampai KI-4 kurikulum 2013, yaitu: kesadaran demokrasi, toleransi dan cinta tanah air. Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multikultural di kelas X TAV SMK Negeri 1 Bulakamba dilakukan dengan cara menyisipkan dan mengamalkan nilai-nilai multikultural pada silabus mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di kelas X, yaitu di dalam KD-1, KD-7, KD-9 dan KD-10. Sedangkan metode pembelajaran yang digunakan dalam implementasi viii pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multikultural menggunakan metode ceramah dan diskusi tanya jawab.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Oct 2024 08:35
Last Modified: 23 Oct 2024 02:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14607

Actions (login required)

View Item View Item