Implementasi Pendidikan Agama Islam (PAI) Berwawasan Lingkungan di SMK Negeri 1 Indramayu Kabupaten Indramayu (Studi Kasus tentang Kebijakan Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan).

EHA JULAEHA, (2018) Implementasi Pendidikan Agama Islam (PAI) Berwawasan Lingkungan di SMK Negeri 1 Indramayu Kabupaten Indramayu (Studi Kasus tentang Kebijakan Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan). Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

EHA JULAEHA, NIM 14146310051. “Implementasi Pendidikan Agama Islam (PAI) Berwawasan Lingkungan di SMK Negeri 1 Indramayu Kabupaten Indramayu (Studi Kasus tentang Kebijakan Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan).” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kerusakan lingkungan, banyaknya terjadi bencana alam yang merupakan ancaman yang membahayakan untuk makhluk di muka bumi ini. Oleh sebab itu sangat penting adanya pendidikan berwawasan lingkungan yang diintegrasikan melalui pengelolaan pembelajaran pada semua mata pelajaran tak terkecuali mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di lingkungan pendidikan formal untuk membentuk karakter peserta didik sebagai generasi yang sadar akan lingkungan hidup serta untuk menjaga kelestarian alam. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kebijakan pendidikan berwawasan lingkungan hidup di SMK Negeri 1 Indramayu Kabupaten Indramayu, (2) untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berwawasan lingkungan hidup di SMK Negeri 1 Indramayu Kabupaten Indramayu, (3) untuk mengetahui implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berwawasan lingkungan hidup di SMK Negeri 1 Indramayu Kabupaten Indramayu, (4) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berwawasan lingkungan hidup di SMK Negeri 1 Indramayu Kabupaten Indramayu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penulis lakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Berdasarkan temuan dan pembahasan secara umum dapat disimpulkan bahwa kebijakan pengelolaan pendidikan berwawasan lingkungan di SMK Negeri 1 Indramayu sudah diterapkan dengan baik sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) Sekolah Adiwiyata. Pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berwawasan lingkungan di SMK Negeri 1 Indramayu sudah mengarahkan aktivitas belajar peserta didik untuk ramah terhadap lingkungan. Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berwawasan lingkungan di SMK Negeri 1 Indramayu yang diberikan kepada peserta didik, yakni dengan membekali mereka dengan cara dan mengaplikasikannya dalam kehidupan keseharian include di dalamnya tentang penyadaran pentingnya lingkungan hidup. Faktor pendukung implementasi pembelajaran PAI berwawasan lingkungan di SMK Negeri 1 Indramayu antara lain lingkungan dan fasilitas sekolah yang mendukung dan terjalinnya sinergitas seluruh stakeholder sekolah dalam mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan, sedangkan faktor penghambatnya antara lain waktu yang terbatas untuk jam tatap muka Pendidikan Agama Islam di sekolah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Oct 2024 03:33
Last Modified: 23 Oct 2024 01:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14622

Actions (login required)

View Item View Item