GUNAWAN, (2018) Strategi Manajemen Pendidikan Akhlak Berbasis Boarding School Smpiqu Di Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahajah Kabupaten Cirebon. Program Studi: Pendidikan Islam, konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon 2018. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.
Text
1.Cover dan Lembar Pengesahan.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (940kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (812kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
Abstract
Gunawan, NIM : 14146110016 Strategi Manajemen Pendidikan Akhlak Berbasis Boarding School Smpiqu Di Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahajah Kabupaten Cirebon. Program Studi: Pendidikan Islam, konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon 2018. Manajemen pendidikan yang berbasis akhlak merupakan dasar dari pendidikan yang sebenarnya, dengan metode terstruktur dalam pembelajaran baik di sekolah maupun yang ada di boarding school. Penulis membahas manajemen pendidikan akhlak salah satunya ingin memberi kesuksesan dalam pendidikan, di karenakan penulis tidak ingin adanya siswa pintar dalam ilmu pengetahuan tetapi kerisis dalam akhlak, maka dari itu penulis meneliti di suatu sekolah menegah pertama yang bebasis Quran, penulis melihat adanya kenakalan yang menghawatirkan dan penulis meneliti model manajemen pendidikan apa yang di pakai. Penelitian ini bertujuan untuk: (1). Mengetahui bagaimana strategi manajemen pendidikan akhlak di sekolah menegah pertama Islam Quran (SMPIQU), (2). Untuk mengetahuai bagaimana penerapan pendidikan akhlak di sekolah menengah pertama islam quran (SMAPIQU), (3). Dan faktor apa yang penghambat dan pendukung pelaksanaan manajemen pendidikan akhlak di (SMPIQU) Al-Bahjah. Penelitian ini mengunakan kajian lapangan (field research) studi kasus, dengan ketua yayasan Al-Bahjah, ketua pendidikan formal Al-Bahjah, ketua koordinator boarding school Al-Bahjah, kepala sekolah SMPIQU Al-Bahjah, koordinator boarding smpiqu Al-Bahjah. Sumber data primer didapat dari wawancara, sedangkan sumber data skunder didapat dari catatan dan buku atau dokumen lainnya yang ada di lembaga pengembangan dakwah Al-Bahjah dan sekolah. Adapun untuk pengumpulan data dengan mengunakan wawancara, pengamatan, dokumentasi, analisis data. Teknik menganalisa data mengunakan data kualitatif, yang dilakukan secara terus menerus sejak awal hingga akhir penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan belum terstruktur dengan baik konsep manajemen pendidikan akhlak dan penulis mendapat hasil wawancara dan pengamatan adanya guru belum memahami dengan baik peraturan pondok yang telah telah ditetapkan, selain dari pada itu faktor penghambat manajemen pendidikan akhlak diantranya kurangnya pendekatan para ustad dari pondok ke santri yang ada di SMPIQU Al-Bahjah dan pengontrolan santri yang dilakukan dengan metode poin kurang efektif tetapi praktek yang diberikan oleh pembimbing itu sangat berperan dan efektif dalam proses pembimbingan akhlak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 04:01 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 01:53 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14624 |
Actions (login required)
View Item |