Pengembangan Karakter Religius Melalui Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Media di MTs Negeri 5 Cirebon

UMAMATUL BAHIYAH, (2018) Pengembangan Karakter Religius Melalui Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Media di MTs Negeri 5 Cirebon. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)

Abstract

[11.09, 17/10/2024] .: UMAMATUL BAHIYAH: "Pengembangan Karakter Religius Melalui Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Media di MTs Negeri 5 Cirebon" Pendidikan karakter merupakan upaya untuk membantu perkembangan jiwa anak-anak baik lahir maupun batin, dari sifatkodratinya menuju kearah peradaban yang manusiawi dan lebih baik. Sebagai contoh dapat dikemukakan misalnya: anjuran atau suruhan terhadap anak-anak untuk duduk yang baik, tidak berteriak-teriak agartidak mengganggu orang lain, bersih badan, rapih pakaian, hormat terhadap orang tua, menyayangi yang muda, menghormati yang tua, menolong teman, dan seterusnya merupakan proses pendidikan karakter. Sehubungan dengan itu, Dewantara pernah mengemukakan beberapa hal yang yang harus dilaksanakan dalam pendidikan karakter, yakni ngertingroso-nglakoni (menyadari, menginsyafi, dan melakukan). Hal tersebut senada dengan ungkapan orang sunda di Jawa Barat, bahwa pendidikankarakter harus merujuk pada adanya keselarasan antara tekad-ucap-lampah (niat, ucapan atau kata-kata, dan perbuatan). Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah perencanaan strategi guru untuk menananmkan nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik di MTs Negeri 5 Cirebon? Bagaimanakah pelaksanaan strategi guru untuk menananmkan nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik di MTs Negeri 5 Cirebon? Bagaimanakah evaluasi strategi guru untuk menananmkan nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik di MTs Negeri 5 Cirebon? Tujuan penelitian ini adalah untuk perencanaan strategi guru untuk menananmkan nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik di MTs Negeri 5 Cirebon. Untuk mengetahui pelaksanaan strategi guru untuk menanamkan nilai- nilai pendidikan karakter peserta didik di MTs Negeri 5 Cirebon. Untuk mengetahui evaluasi strategi guru untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik di MTs Negeri 5 Cirebon. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, yang tidak mengadakan perhitungan dalam melaksanakan analisa, peneliti bergerak di antara tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan analisis data [11.09, 17/10/2024] .: Hasil penelitian ini menyimpulkan, bahwa penanaman nilai-nilai pendidikan karakter lewat tindakan sehari-hari atau berupa pembiasaan seperti shalat dhuha, shalat dhuhur, ngaji time, dan baca tulis Al-Qur'an. Konsep sekolah yang diterapkan di MTs Negeri 5 Cirebon adalah Membentuk manusia berakhlak mulia, berprestasi, disiplin, dan berbudaya lingkungan, menjadikan lingkungan di sekitar sekolah sebagai sarana belajar peserta didik. Menggunakan sungai, sawah, kebun dan segala hal yang tersedia di sekitar sekolah sebagai media belajar. Hal itu tak lain karena pendampingan proses belajar anak diperlukan sinergi keluarga, sekolahan dan juga lingkungannya. Sering kali justru pihak keluarga utamanya orang tua yang memberikan seorang anak tuntutan-tuntutan, mengharapkan anak menjadi seseorang yang orang tua kehendaki.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Oct 2024 04:16
Last Modified: 23 Oct 2024 01:58
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14625

Actions (login required)

View Item View Item