Relevansi Kompetensi dan Profesionalisme Guru dengan Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Cirebon.

UDI WAHYUDI, (2018) Relevansi Kompetensi dan Profesionalisme Guru dengan Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Cirebon. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1.COVER dan Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I .pdf

Download (369kB)
[img] Text
6.BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)

Abstract

Udi Wahyudi, NIM 14146110013, Relevansi Kompetensi dan Profesionalisme Guru dengan Prestasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Cirebon Kualitas pendidikan merupakan salah satu tolak ukur sebuah keberhasilan pendidikan. Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan tidak hanya didukung oleh lengkapnya sarana dan prasarana, tradisi/budaya sekolah (siswa, guru dan semua warga sekolah) dan input siswa yang baik, tetapi guru yang berkualitas dan kompeten sesuai bidangnya, sangat berperan terhadap peningkatan keefektifan sekolah. Guru dengan kualitas dan kemampuan kompetensinya merupakan salah satu komponen inti yang ada di sebuah lembaga pendidikan. Komponen inti inipun tidak akan bisa berjalan maksimal tanpa di dukung oleh komponen pendukung yang harus di miliki sebuah lembaga pendidikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana relevansi kompetensi dan profesionalisme yang harus di miliki oleh seorang guru dengan prestasi belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi apakah kompetensi dan profesionalisme guru relevan dengan prestasi belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif yaitu strategi dan teknik penelitian yang digunakan untuk memahami masyarakat, masalah atau gejala dalam masyarakat dengan mengumpulkan sebanyak mungkin fakta mendalam, Jenis pendekatan kualitatif yang penulis gunakan adalah metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi yang di tunjang dengan wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana, guru dan siswa. Analisis data di lakukan secara kontinyu dan berkesinambungan yakni pengumpulan data, penyajian data, pengolahan data dan penarikan kesimpulan. Pembahasan terhadap hasil analisis data di lakukan dengan cara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari 17 guru dinyatakan profesional cuma ada beberapa guru yang mengajar tidak sesuai dengan kualifikasi bidang kompetensinya sebanyak 6 orang dan 8 mata pelajaran dan dari hasil angket kurang memuaskan. Hal ini di sebabkan karena kompetensi yang di miliki tidak sesuai dengan mata pelajaran yang di ampunya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 17 Oct 2024 06:49
Last Modified: 23 Oct 2024 01:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14628

Actions (login required)

View Item View Item