ABDURROHMAN, (2018) Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTs Negeri 1 Cirebon. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.
Text
1. Cover TESIS dan Pengesahan.pdf Download (1MB) |
|
Text
2.BAB I.pdf Download (260kB) |
|
Text
6.BAB V.pdf Download (93kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf Download (318kB) |
Abstract
ABDURROHMAN: Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTs Negeri 1 Cirebon Keunggulan suatu bangsa tidak lagi ditandai dengan melimpahnya kekayaan alam, melainkan pada keunggulan sumber daya manusianya. Pendidikan yang bermutu merupakan salah satu penentu tersedianya SDM yang unggul. Mutu pendidikan tercapai apabila masukan, proses, keluaran, guru, sarana dan prasarana serta biaya sudah memenuhi standar dengan baik. Namun dari beberapa komponen tersebut yang lebih banyak berperan adalah guru yang profesional. Menurut hasil penelitian para ahli, sekolah tidak akan menjadi baik dengan sendirinya tanpa pengelolaan yang baik, sedangkan pengelolaan sekolah yang baik mempersyaratkan kompetensi manajerial kepala sekolah yang mumpuni dan efektif. Oleh karena itu, peranan kepala sekolah/madrasah sebagai manajer dalam mengelola sekolah merupakan faktor kunci keberhasilan madrasah termasuk meningkatkan profesionalisme guru. Atas dasar itu, penelitian ini difokuskan pada kompetensi manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru, fokus penelitian ini kemudian dikembangkan dalam tiga sub fokus sebagai berikut: (1) Bagaimana perencanaan yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Negeri 1 Cirebon? (2) Bagaimana pelaksanaan manajerial yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Negeri 1 Cirebon? (3) Bagaimana upaya evaluasi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Negeri 1 Cirebon? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dilakukan di MTs Negeri 1 Cirebon. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) wawancara, (2) observasi dan (3) dokumentasi. Selanjutnya analisis data pada penelitian adalah analisis deskriptif (non statistik) yaitu penelitian dilakukan dengan mengambarkan data yang di peroleh dengan kata-kata atau kaliamat yang dipisahkan untuk kategori memperoleh kesimpulan. yang bermaksud mengetahui keadaan sesuatu mengenai apa dan bagaimana, berapa, banyak, sejauh mana, dan sebagainya. Kredibilitas data dicek dengan prosedur triangulasi, verifikasi data/cross check, dan pengecekan mengenai kecukupan referensi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan kepala madrasah: (a) Perencanaan berdasarkan visi, misi, tujuan madrasah, dan kebutuhan (need assesment), (b) Melibatkan seluruh unsur civitas akademika sekolah, (c) Melakukan rekrutmen guru baru dan melakukan analisis jabatan pekerjaan, (d) dilakukan dalam rapat kerja. (2) Program pengembangan yang dilakukan oleh kepala MTs Negeri 1 Cirebon: (a) Mengikutkan dalam diklat, seminar, maupun workshop, (b) Studi lanjut, (c) Meningkatkan kesejahteraan guru, (d) Penambahan fasilitas penunjang, (e) Sertifikasi guru, (f) Revitalisasi MGMP. Sedangkan (3) Evaluasi yang dilakukan oleh kepala MTs Negeri 1 Cirebon meliputi: (a) melakukan supervisi, baik secara personal maupun kelompok, (b) Teknik yang digunakan adalah secara langsung (directive) dan tidak langsung (non direcvtive), (c) Aspek penilaian dalam supervisi adalah presensi guru, kinerja guru di madrasah, perkembangan siswa, RPP, metode dan silabus.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Manajerial, Profesionalisme Guru |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 08:22 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 01:44 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14632 |
Actions (login required)
View Item |