MODEL PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF DI PONDOK PESANTREN HUSNUL KHOTIMAH KUNINGAN

EMON SURAHMAN, (2019) MODEL PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF DI PONDOK PESANTREN HUSNUL KHOTIMAH KUNINGAN. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (132kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB)

Abstract

Emon Surahman. NIM: 14156510018. “MODEL PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF DI PONDOK PESANTREH HUSNUL KHOTIMAH KUNINGAN”,Tesis,2019 Penelitian ini berusaha mengungkap peran pondok pesantren Husnul Khotimah yang berdomisili di desa Manis Kidul Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan Jawa Barat dalam kaitannya memberdayakan masyarakat sekitar khususnya dibidang pemberdayaan ekonomi kreatif karena bukan rahasia umum bahwa peran pondok pesantren selama ini yang dikenal di masyarakat hanya dalam hal pendidikan saja utamanya pendidikan agama. Dengan adanya peran ekonomi yang dilakukan oleh pihak pondok pesantren Husnul Khotimah terutama oleh pihak Divisi Ekonomi sebagai kepanjangan tangan dari pihak yayasan dalam mengelola unit bisnis milik pesantren diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi warga pesantren maupun masyarakat sekitar dan menambah pemasukan kas keuangan pesantren yang dapat membantu dana operasinal penyelenggaraan pendidikan serta pembangunan pondok pesantren kedepan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unit-unit bisnis, pola pemberdayaan, peluang dan tantangan pemberdayaan ekonomi kreatif serta dampaknya bagi Pondok Pesantren Husnul Khotimah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan harapan dapat menjelaskan berbagai fenomena yang terjadi secara naturalistic atau alamiah sesuai dengan keadaan yang terjadi saat penelitian yang dilaksanakan dengan melibatkan intreprestasi pengalaman penelitian yang bersinggingan langsung dengan subjekmaupun objek penelitian. Metodelogi penelitian yang digunakan dalam teesis ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara kepada narasumber yang mewakili penelitian serta kredibilitasnya dapat dipertanggung jawabkan, observasi ketempat-tempat yang relevan sebagai obyek penelitian dan dokumentasi serta dalam menarik kesimpulan penulis menggunkan teknik triangulasi data. Hasil penelitian yang didapat bahwa pondok pesantren Husnul Khotimah merupakan salah satu pesantren yang unik karena mampu menangkap peluang pasar yang begitu besar dengan menjalankan unit-unit bisnis meliputi pelayanan jasa keuangan (BMT) bagi karyawan dan mitra kerja pesantren, Loundri untuk santri putra-putri, konveksi pakaian, dan minimarket (HK Mart). Tantangan yang datang justru dari dalam pihak pengelola unit bisnis meliputi kemampuan sumberdaya manusia yang senantiasa perlu ditingkatkan dan fasilitas yang di sana-sini perlu ditambah. Prospek pangsa pasar selain santri juga meliputi alumni dan wali santri yang tersebar di berbagai daerah serta jaringan mitra kerja yang selama ini masih minim. Ketiganya jika dikelola dengan baik akan menambah penghasilan yang besar bagi pesantren.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren, Pemberdayaan Masyarakat, Ekonomi Kreatif
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:17
Last Modified: 23 Oct 2024 01:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14642

Actions (login required)

View Item View Item