Hubungan Timbal Balik Orang Tua dan Sekolah dalam Pendidikan Islam Menurut Ahmad Tafsir

IIM IMROATUL HIKMAH, (2018) Hubungan Timbal Balik Orang Tua dan Sekolah dalam Pendidikan Islam Menurut Ahmad Tafsir. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (344kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

IIM IMROATUL HIKMAH Hubungan Timbal Balik Orang Tua dan Sekolah dalam Pendidikan Islam Menurut Ahmad Tafsir Secara mental spiritual dasar-dasar pendidikan diletakkan oleh rumah tangga dan secara akademik konseptual dikembangkan oleh sekolah sehingga perkembangan diri anak makin terarah. Mereka secara tidak langsung telah mengadakan kerjasama yang erat dalam praktek pendidikan. Kerjasama yang erat itu tampak dari hal-hal berikut; orang tua meletakkan dasar-dasar pendidikan di rumah tangga, terutama dalam segi pembentukkan kepribadian, nilai-nilai luhur moral dan agama sejak kelahirannya. Kemudian dilanjutkan dan dikembangkan dengan berbagai materi pendidikan berupa ilmu dan keterampilan yang dilakukan oleh sekolah. Orang tua anak menilai dan mengawasi hasil didikan sekolah ini dalam kehidupan sehari-hari. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal, yang penyelenggaraannya dalam rangka kegiatan proses belajar mengajar bertujuan untuk mendewasakan peserta didik sesuai dengan tujuan nasional sebagaimana dirumuskan didalam undang-undang tentang sistem pendidikan Nasional nomor 2 tahun 1989 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Metode penelitian yang digunakan penulis untuk mengetahui hubungan timbal balik orang tua dan sekolah dalam Pendidikan Islam menurut Ahmad Tafsir yaitu pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Pendekatan yang digunakan adalah library research (telaah kepustakaan) dan content analisis (telaah konsep dan isi). Penulis mendasarkan asumsi tersebut dengan alasan sebagai berikut; pertama, menyesuaikan metode kualitatif lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataan jamak; kedua, metode ini menyajikan secara langsung hakikat hubungan antara peneliti dan responden. Ketiga, metode ini lebih peka dan dapat menyesuaikan diri dengan banyak penajaman pengaruh bersama terhadap pola-pola nilai yang dihadapi. Pendekatan ini bertumpu pada fenomenologis, yakni usaha untuk memahami arti peristiwa dan kaitan-kaitannya terhadap orang-orang bisa dalam situasi tertentu. Dalam hal ini, penulis berusaha untuk masuk ke dalam dunia konseptual para subyek yang diteliti sedemikian rupa sehingga mereka mengerti apa dan bagaimana suatu pengertian yang dikembangkan oleh mereka di sekitar peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan orang tua dan sekolah yang baik dalam Pendidikan Islam menurut Ahmad Tafsir; 2) untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat antara orang tua dan sekolah dalam menjalin hubungan baik dalam Pendidikan Islam menurut Ahmad Tafsir; 3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan orang tua dan sekolah dalam melestarikan hubungan baik dalam Pendidikan Islam menurut Ahmad Tafsir.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Oct 2024 03:31
Last Modified: 25 Oct 2024 03:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14660

Actions (login required)

View Item View Item