Pengaruh Penggunaan Aplikasi "smartphone" terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SDN Kebon Baru IV Cirebon

UDIN SYAMSUDIN, (2018) Pengaruh Penggunaan Aplikasi "smartphone" terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SDN Kebon Baru IV Cirebon. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)

Abstract

Syamsudin Udin Pengaruh Penggunaan Aplikasi "smartphone" terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SDN Kebon Baru IV Cirebon, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, Rendahnya motivasi dan prestasi Mata Pelajaran PAI pada aspek materi tajwid di kelas VI SDN Kebon Baru IV Kota Cirebon diantaranya adalah kurangnya stimulus dan respon dari media pembelajaran yang digunakan, Perkembangan media teknologi informasi menjadi salah satu landasan pokok dalam perkembangan pembelajaran abad 21 Fakta menunjukkan bahwa hampir semua siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Kebon Baru IV dapat mengoperasikan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi yang jelas pengaruh penggunaan aplikasi pada multimedia “smartphone” terhadap peningkatan motivasi dan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI khususnya materi hukum tajwid. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian adalah true eksperiment (eksperimen sungguhan), dengan jenis desain Control-Group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Kebon Baru IV sebanyak 44 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 21 berupa uji pearson correlation dan uji-t. Berdasarkan hasil uji normalitas pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, maka uji beda rata-rata yang digunakan adalah uji-t dependent, diperoleh nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,026. Karena nilai Asymp.Sig (2-tailed) < 0,05, berarti penggunaan Smartphone berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi siswa. Dari hasil Uji-t seperti pada tabel 4.65 diperoelh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,012. Karena nilai Sig (2-tailed) < 0,05 dan nilai mean -8,682, berarti terdapat pengaruh aplikasi smartphone terhadap prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen. Hal ini menunjukan bahwa Penggunaan aplikasi smartphone dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan rata-rata peningkatan sebesar 8,682. Adapun dari uji korelasi pada tabel 4.63 diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,770, karena nilai Sig (2-tailed) > 0,05 berarti pada kelas kontrol tidak terdapat korelasi antara motivasi belajar dengan prestasi. Sedangkan pada tabel 4.64 diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,007, karena nilai Sig (2-tailed) < 0,05, berarti pada kelas eksperimen terdapat korelasi antara motivasi dengan prestasi belajar siswa. Dengan demikian Penggunakan aplikasi smartphone berpengaruh secara sigifikan terhadap peningkatan motivasi dan prestasi siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Smartphone, Aplikasi Tajwid, Motivasi, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Oct 2024 06:35
Last Modified: 25 Oct 2024 06:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14667

Actions (login required)

View Item View Item