NURUL HASANAH, (2018) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS INQUIRY LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR PESERTA DIDIK DI SDIT SABILUL HUDA CIREBON. Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (300kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (977kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Nurul Hasanah, Nomor Induk Mahasiswa: 14136310054, Implementasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Inquiry Learning Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Siswa SDIT Sabilul Huda Kota Cirebon , Tesis. Cirebon: Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, 2018. Pengembangan keterampilan berpikir peserta didik merupakan tujuan yang harus direalisasikan dalam sistem pendidikan di Indonesia, karena dengan memiliki keterampilan berpikir yang mumpuni setiap peserta didik diharapkan mampu menghadapi perkembangan zaman, .dalam rangka mewujudkannya diperlukan sebuah implementasi strategi pembelajaran yang memiliki tujuan yang sama. Salah satunya adalah strategi pembelajaran Inquiry learning. Untuk itu dianggap perlu untuk menerapkan rancangan aplikasi strategi pembelajaran berbasis Inquiry Learning yang inovatif dan variatif dalam proses pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) Konsep strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Inquiry Learning dalam pendidikan? (2) Implementasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis inquiry learning di SD IT Sabilul Huda Kota Cirebon? dan (3) Manfaat implementasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis inquiry learning dalam mengembangkan keterampilan berpikir siswa SD IT Sabilul Huda Kota Cirebon? Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan terlibat atau observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi dan triangulasi. menggunakan pendekatan penelitian empiris kualitatif, serta menggunakan metode penelitian deskriptif. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis secara induktif. Analisis induktif digunakan karena lebih dapat menemukan kenyataan-kenyataan ganda sebagaimana yang terdapat dalam data dan analisis ini dapat memperhitungkan nilai-nilai secara eksplisit sebagai bagian dari struktur analitik. Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu materi ajar yang diberikan kepada peserta didik di sekolah dasar (SD), pemberian materi ajar PAI untuk anak Usia SD ini memiliki tujuan yaitu menumbuhkembangkan aqidah dan mewujudkan manusia yang taat beragama dan beraklhlak mulia. Untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan strategi pembelajaran yang efektif dan bermakna. Penerapan variasi strategi pembelajaran, diharapkan mampu mengembangkan keterampilan berpikir peserta didik, sehingga mampu menjadi bekal untuk kehidupan di masa yang akan datang, selain itu juga agar timbul motivasi belajar siswa, sehingga prestasi belajarpun dapat meningkat. Adapun penelitian ini dilakukan untuk meneliti tentang implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Inquiry Learning di SD IT Sabilul Huda Kota Cirebon, dengan memperhatikan tingkat perkembangan usia peserta didik SD, dan bertujuan mengembangkan keterampilan berpikir peserta didik pada tingkat kelas lima (V). Landasan berpikir dari strategi pembelajaran berbasis inquiry learning adalah konstrutivisme Jean Piaget. Salah satu tokoh inquiry learning adalah Richard Suchman (1962) yang menyatakan bahwa inquiry learning berarti suatu rangkaian kegiatan belajar yng melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari, menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis sehingga mereka dapat menemukan dan merumuskansendiri penemuannya dengan penuh percaya diri yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik. Strategi Inquiry learning yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran PAI di SD IT Sabilul Huda dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran guna mengembangkan keterampilan berpikir (HOTS) peserta didik di Indonesia. Strategi ini jika di tinjau dari proses perencanaan dan pelaksanaan sangat mengutamakan keterlibatan peserta didik, interaksi peserta didik dan memperhatikan kedalaman dan keluasan materi ajar. Hal ini membantu peserta didik mengembangkan keterampilan berpikir dari hanya sebatas kemampuan mengingat,memahami dan mengaplikasikan menjadi naik pada kemampuan menganalisis, mengevaluasi dan mencipta dengan jenis keterampilan berpikir sebagai transfer (HOTS as Transfer).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inquiry learning, keterampilan berpikir |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 06:55 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 06:55 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14669 |
Actions (login required)
View Item |