Makrubin, (2019) Pendidikan Toleransi Antar –Umat Beragama Dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam (Telaah Atas Buku Ajar PAI SMA Kelas XI Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.
Text
1.Cover_merged.pdf Download (3MB) |
|
Text
2.BAB 1.pdf Download (430kB) |
|
Text
6.Bab 5.pdf Download (196kB) |
|
Text
7.Daftar Pustaka.pdf Download (305kB) |
Abstract
Makrubin, NIM 14166310040, Pendidikan Toleransi Antar –Umat Beragama Dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam (Telaah Atas Buku Ajar PAI SMA Kelas XI Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) Tesis ini membahas tentang pendidikan toleransi antar – umat beragama dalam buku ajar pendidikan agama islam (Telaah atas buku ajar PAI SMA kelas XI terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan). Kajian ini di latar belakangi dengan beberapa hasil penelitian menyiratkan secara jelas bahwa toleransi masih menjadi persoalan besar yang memendam potensi konflik, yaitu di tengah masyarakat dan belum terpecahkan hingga saat ini. Tentu hal ini tugas semua elemen bangsa dan umat beragama, karena sejatinya semua agama mengajarkan mengenai toleransi antar semua pemeluk umat beragama. problematika yang terjadi di lingkungan masyarakat majemuk selain dapat berperan sebagai faktor pemersatu, dapat pula berperan sebagai faktor pemecah. Hal itu merupakan salah satu dampak dari kurangnya pemahaman terhadap toleransi, sehingga perlu adanya penanaman nilai-nilai Pendidikan toleransi pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam yang lebih mendalam pada peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat menawarkan betapa pentingnya materi toleransi pada buku ajar Pendidikan Agama Islam untuk anak usia 13 – 18 tahun, karena berada pada masa pubertas. Studi ini dimaksudkan untuk memberikan jawaban dari permasalahan :Bagaimana pendidikan toleransi antar-umat beragama dalam buku ajar pendidikan agama islam (Telaah atas buku ajar PAI SMA kelas XI terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan). Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, sehingga permasalahan yang dibahas dengan studi kepustakaan ( Library reserach ) . Datanya diperoleh dari beberapa sumber yaitu sumber primer adalah buku ajar PAI SMA kelas XI terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan, sumber sekunder adalah berbagai buku atau dokumen mengenai toleransi. Dari semua data yang telah diperoleh kemudian diolah dengan analisis deskriptif. Pada anak usia belajar atau peserta didik sebagai generasi muda memiliki peranan vital ,sehingga pendidikan mereka atas konsep toleransi harus dibekali secara penuh. Anak usia Sekolah Menengah Atas (SMA ) menjadi sangat urgen untuk diberi pengertian mengenai sikap toleransi, sehingga mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang mendalam di masa depan. Pendidik akan lebih mudah mengarahkan anak menjadi lebih baik terhadap pemahaman toleransi. Penelitian ini telah menemukan bahwa pendidikan toleransi antar umat beragama dalam buku ajar pendidikan agama islam ( telaah atas buku ajar PAI SMA kelas XI terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan ),buku tersebut ada kekurangan dan kelebihan untuk merefleksikan muatan tema toleransi pada psesrta didik, karena penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam tentang toleransi sangat terbatas. Konten buku ajar PAI tentang toleransi sebagian berjalan dengan konsepsi yang digagas oleh para pemikir intelektual islam lainya,akan tetapi urgensi toleransi pada buku ajar PAI SMA kelas XI pemahaman atas realitas berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat yang majemuk harus terus dikampanyekan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Toleransi, Pendidikan, Agama Islam,Buku Ajar SMA |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 04:32 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 04:32 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14681 |
Actions (login required)
View Item |