MUHAMAD ALFIANSYAH, (2016) IMPLIKASI PEDAGOGIK DALAM ADAT SLAMETAN (Studi Deskriptif Eksploratif pada Masyarakat Trusmi Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon). Masters thesis, IAIN Syekh Nurjati.
Text
Cover Dan lain-lain.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (253kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (290kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
Abstract
Muhamad Alfiansyah, Implikasi Pedagogi k dalam Adat Slametan (Studi Deskriptif Eksploratif pada Masyarakat Trusmi Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tingkat kepercayaan masyarakat Trusmi yang sangat tinggi dalam memegang adat slametan. Akan tetapi mereka kurang mengetahui maksud, tujuan dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalamnya dikarenakan kandungan nilai-nilainya bersifat abstrak. Sehingga kebanyakan dari mereka hanya mengikuti adat slametan secara turun temurun saja. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali dan mengkaji tentang kandungan nilai-nilai pendidikan yang tersembunyi (implisit) dalam adat slametan sehingga dapat ditemukan implikasi pedagogik yang ada didalamnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengutamakan deskripsi analitik pada semua fakta yang ditemui di lapangan. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakannya meliputi observasi langsung, wawancara mendalam, dokumentasi, dan triangulasi atau gabungan. Sumber data dalam penelitian ini langsung dari informan dilapangan yaitu melalui wawancara mendalam (indept interview) kepada sesepuh, kuwu, tokoh adat dan masyarakat desa Trusmi sebagai data primer. Sedangkan data sekunder diperoleh secara tidak langsung dari informan di lapangan, seperti dokumen dan buku-buku literatur yang digunakan sebagai rujukan. Adapun analisis datanya menggunakan pendekatan interaktif yang meliputi reduksi data (data reduction), sajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Untuk melakukan pemeriksaan keabsahan (trustwoerthines) data dengan menggunakan kriteria derajat; kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (comfirmability). Hasil penelitian penulis tentang implementasi adat slametan pada masyarakat Trusmi kecamatan Plered kabupaten Cirebon yang telah melalui proses analisis teori-teori, dalam hal ini teori difusi kebudayaan, semiotika, sosialisasi, struktural-fungsional, dan nilai. Penulis menemukan implikasi pedagogik dalam implementasian adat slametan tersebut yaitu: 1. Pendidikan pada masa prenatal. Pada masa ini ibu hamil diperintahkan untuk memperbanyak berdo’a, membaca Al-Qur’an, bersedekah yang dikemas dalam upacara slametan ngupati, memitu dan ngelolosi 2. Pendidikan sosial dan kemasyarakatan, terdiri dari sikap gotong royong, tolong menolong, silaturahim dan sedekah 3. Pendidikan budi pekerti, terdiri dari sikap menghargai, sikap menghormati, Sikap kesopanan dan Rasa bersyukur 4. Pendidikan tradisi keagamaan, terdiri dari dzikir dan do’a berjama’ah, tradisi yasinan, tradisi tahlilan dan tradisi marhabanan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 07:08 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 07:08 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14697 |
Actions (login required)
View Item |