Jamaludin, (2024) Kontribusi Pemikiran Syekh Mahmud Mukhtar dalam Pendidikan Agama Islam Indonesia. Masters thesis, UIN Siber Syekh Nurjati.
Text
Cover & Isi Jamal.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (250kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (191kB) |
|
Text
Daftar Pustaka Jamal.pdf Download (187kB) |
Abstract
Pendidikan agama Islam di Indonesia idealnya mengintegrasikan pemahaman agama dan pengembangan karakter, serta menyeimbangkan ilmu agama dan umum. Namun, ada kesenjangan antara teori dan praktik, dengan kurikulum yang lebih fokus pada hafalan. Tantangan lainnya adalah terbatasnya akses pendidikan berkualitas, terutama di daerah terpencil. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran Syekh Mahmud Mukhtar Bode tentang pendidikan agama Islam. Tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis pemikiran Syekh Mahmud Mukhtar tentang esensi pendidikan agama Islam dan relevansinya dengan konteks Indonesia, menyelidiki kontribusi Syekh Mahmud Mukhtar dalam merumuskan metode dan pendekatan dalam pendidikan agama Islam yang sesuai dengan realitas Indonesia dan menyoroti bagaimana pemikiran Syekh Mahmud Mukhtar mengatasi tantangan dan perubahan dalam konteks sosial, budaya, dan politik Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Reasearch) yaitu penelitian secara langsung terhadap objek yang diteliti agar medapatkan bukti yang kongkrit. Analisis datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) syekh Mahmud Mukhtar, ulama dari Indramayu, dikenal karena karomah, kedalaman spiritualitas, dan karya-karya berpengaruh seperti Nadzom Syarhussodri dan Sholawat Badriyyah. Beliau menekankan integrasi ilmu dan spiritualitas, ukhuwah Islamiyah, serta keseimbangan fisik-spiritual dalam pendidikan Islam. (2) Melalui pengajian rutin dan Pondok Pesantren Darul Ulum Syar’iyyah, beliau mengajarkan tauhid, integrasi ilmu agama, dan pengembangan karakter. Karya-karyanya menjadi rujukan penting bagi generasi Muslim yang cerdas dan berakhlak. (3) Pemikiran Syekh Mahmud Mukhtar relevan dengan konteks sosial, budaya, dan politik Indonesia saat ini, dengan menekankan keseimbangan tradisi dan modernitas, mendukung pendidikan perempuan, menjaga harmoni sosial, serta mengajarkan tanggung jawab sosial dan berbagi. Kesimpulanya syekh Mahmud Mukhtar, ulama dari Indramayu, terkenal dengan karya berpengaruh dan ajaran tentang integrasi ilmu dan spiritualitas, ukhuwah Islamiyah, serta keseimbangan fisik-spiritual. Melalui pengajian dan Pondok Pesantren Darul Ulum Syar’iyyah, beliau mengajarkan tauhid, pengembangan karakter, dan ilmu agama. Pemikiran beliau relevan dengan konteks Indonesia saat ini, menekankan keseimbangan tradisi dan modernitas, pendidikan perempuan, serta harmoni sosial dan tanggung jawab berbagi. Kata kunci: Pemikiran, Syekh Mahmud, PAI
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemikiran ; Syekh Mahmud ; PAI |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 04:23 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 04:23 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14706 |
Actions (login required)
View Item |