INTERPRETASI INFORMATIF PERFORMATIF TERHADAP KEUTAMAAN AL-QUR’AN DALAM KITAB FADHAIL QUR’AN KARYA IBN KATSIR

Fahmi Jauharudin, (2024) INTERPRETASI INFORMATIF PERFORMATIF TERHADAP KEUTAMAAN AL-QUR’AN DALAM KITAB FADHAIL QUR’AN KARYA IBN KATSIR. Bachelor thesis, SI-IAT.

[img] Text
2008304022_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008304022_2_bab1.pdf

Download (585kB)
[img] Text
2008304022_6_bab5.pdf

Download (432kB)
[img] Text
2008304022_7_dafpus.pdf

Download (440kB)

Abstract

Fadhail Qur'an, sebagai cabang ilmu Al-Qur'an, membahas keutamaan-keutamaan Al-Qur'an bagi pembaca, pendengar, penghafal, dan pengajar, serta keutamaan surat-surat tertentu. Kitab Fadhail Qur'an karya Ibn Katsir, yang ditempatkan pada bagian akhir Tafsir Al-Qur'an Al�Azhim, berisi 315 riwayat, di antaranya 59 riwayat yang secara spesifik membahas keutamaan Al-Qur'an dalam aspek pembacaan, pendengaran, hafalan, dan pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana interpretasi informatif dan performatif dalam kitab Fadhail Qur'an karya Ibn Katsir dipahami dan diaplikasikan. Rumusan maslah yang digunakan dalam penelitian ini adalah bagaimana interpretasi informatif dan performatif terhadap keutamaan Al�Qur‘an dalam kitab Fadhail Qur‟an karya Ibn Katsir. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research), pendekatan yang digunakan adalah metode analisis dengan memfokuskan pada hadis-hadis tentang keutamaan Al-Qur'an dalam kitab Fadhail Qur‟an karya Ibn Katsir menggunakan teori informatif dan performatif dari Sam D. Gill. Penelitian ini menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa Fadhail Qur‘an karya Ibn Katsir memiliki dua aspek tipologi, yaitu informatif dan performatif. Bahkan terdapat beberapa hadis dengan dua tipologi sekaligus. Dari aspek informatif Al-Qur‘an sebagai sumber informasi dan pengetahuan yang mengandung petunjuk, ajaran, dan kisah-kisah penting seperti informasi mengenai ketenangan yang diberikan kepada seorang yang membaca Al-Qur‘an karena para malaikat turun serta menyaksikan seorang yang sedang membaca Al-Qur‘an. Sedangkan hasil dari aspek performatif yaitu Al-Qur‘an sebagai kekuatan yang mampu mempengaruhi dan mengubah perilaku, keyakinan, serta tindakan manusia. Beberapa di antaranya seperti keyakinan sebuah kelompok dalam membolehkan Al-Qur‘an sebagai mahar dalam pernikahan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 08 Feb 2025 06:14
Last Modified: 08 Feb 2025 06:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14735

Actions (login required)

View Item View Item