Pengaruh Brand Image dan Media Promosi terhadap Keputusan Pilihan Peserta Didik pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Ciamis

Siti Epa Maspupah, (2024) Pengaruh Brand Image dan Media Promosi terhadap Keputusan Pilihan Peserta Didik pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Ciamis. Masters thesis, UIN Siber Syekh Nurjati.

[img] Text
1. Cover Sampai Daftar Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Bab 1.pdf

Download (200kB)
[img] Text
6. Bab 5.pdf

Download (55kB)
[img] Text
7. Daftar Fustaka.pdf

Download (229kB)

Abstract

Lembaga pendidikan sebagai penyedia jasa pendidikan menghadapi persaingan yang semakin ketet. Faktor-faktor seperti brand image dan media promosi menjadi pertimbangan utama bagi calon peserta didik dalam memilih sekolah. Brand image yang kuat dapat memberikan kesan positif dan kepercayaan, sementara media promosi yang efektif dapat menyampaikan informasi yang menarik tentang jasa pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap keputusan pilihan peserta didik pada MAN 1 Ciamis. (2) Untuk mengetahui pengaruh media promosi terhadap keputusan pilihan peserta didik pada MAN 1 Ciamis. (3) Untuk mengetahui pengaruh brand image dan media promosi secara bersama-sama terhadap keputusan pilihan peserta didik pada MAN 1Ciamis. Brand image atau citra merek merupakan sekumpulan asumsi yang ada dibenak konsumen yang dalam hal ini peserta didik terhadap suatu jasa pada lembaga pendidikan. Sedangkan, media promosi merupakan alat untuk mengkomunikasikan suatu produk (barang atau jasa), perusahaan, lembaga pendidikan agar dikenal oleh masyarakat luas. Kemudian, keputusan pilihan peserta didik dalam menentukan sekolah adalah tahap dalam proses pengambilan keputusan dimana peserta didik benar-benar memilih sekolah sebagai tempat untuk menimba ilmu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan hasilnya diinterpretasikan dengan analisis korelasional. Variabel bebas dan terikat pada penelitian ini antara lain: variabel bebas yaitu Brand Image (X1) dan Media Promosi (X2), sedangkan variabel terikatnya yaitu Keputusan Pilihan Peserta Didik (Y). Pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar kepada seluruh peserta didik kelas X MAN 1 Ciamis tahun ajaran 2023/2024 dan diambil sampel sebanyak 80 responden. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi dan uji regresi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif antara brand image (X1) terhadap keputusan pilihan peserta didik (Y), dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai korelasinya sebesar 0,613. (2) Terdapat pengaruh positif antara media promosi (X2) terhadap keputusan pilihan peserta didik (Y), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai korelasinya sebesar 0,684. (3) Terdapat pengaruh positif antara brand image (X1) dan media promosi (X2) secara bersama-sama terhadap keputusan pilihan peserta didik (Y), disesuaikan sebesar 0,761. Sedangkan nilai korelasi (r) sebesar 0,876 termasuk kategori yang sangat kuat. Kata Kunci: Brand Image ; Media Promosi ; Keputusan Pilihan Peserta

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Brand Image ; Media Promosi ; Keputusan Pilihan Peserta
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 11 Feb 2025 03:07
Last Modified: 11 Feb 2025 03:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14785

Actions (login required)

View Item View Item