Pendidikan Islam Dalam Mengantisipasi Sikap Radikalisme Studi Analisis Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Rajasinga Terisi Kabupaten Indramayu

Doni Hariyanto, (2025) Pendidikan Islam Dalam Mengantisipasi Sikap Radikalisme Studi Analisis Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Rajasinga Terisi Kabupaten Indramayu. Masters thesis, UIN Siber Syekh Nurjati.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (797kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (272kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didorong oleh meningkatnya kekerasan atas nama agama yang marak belakangan ini, baik di Indonesia maupun di dunia, dan pengaruh negatif radikalisme yang dapat berkembang di kalangan masyarakat Islam, termasuk di kalangan pelajar dan generasi muda. Pemahaman yang tekstual dan sempit terhadap ajaran agama sering kali menjadi penyebab utama munculnya radikalisme, sementara pemahaman yang moderat dan inklusif dapat menjadi benteng pencegahnya. Di sisi lain, Pondok Pesantren sebagai institusi pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter moderat dan toleran di kalangan santrinya. Masalah dari penelitian adalah (1) Bagaimana penerapan strategi pendidikan islam di pondok pesantren Miftahul'ulum Rajasinga Terisi Kabupaten Indramayu? (2) Apa persepsi santri dan kiai terhadap sikap-sikap radikalisme di Pondok Pesantren Mitahul'ulum Rajasinga Terisi Kabupaten Indramayu? (3) Apa strategi pendidikan islam dalam mengantisipasi radikalisme di pondok pesantren miftahul ulum Rajasinga Terisi Kabupaten Indramayu? bertujuan untuk mengkaji penerapan strategi pendidikan Islam di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Rajasinga Terisi Kabupaten Indramayu, memahami persepsi santri dan kiai terhadap sikap radikalisme, serta mengidentifikasi strategi pendidikan Islam yang digunakan untuk mengantisipasi radikalisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, yang mengedepankan pemahaman mendalam mengenai fenomena pendidikan Islam dalam konteks pencegahan radikalisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Miftahul Ulum Rajasinga menerapkan strategi pendidikan yang moderat dan inklusif, yang mencakup pembelajaran agama yang mengedepankan toleransi, pemahaman terhadap perbedaan, dan pengembangan karakter santri yang berdasarkan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil 'alamin. Santri dan kiai di pesantren ini memiliki persepsi yang cukup sadar terhadap potensi radikalisme, namun mereka sepakat bahwa pendidikan di pesantren berhasil mencegah pengaruh-pengaruh radikal melalui pembelajaran yang menekankan pada sikap saling menghargai dan mengutamakan ukhuwah Islamiyah. Strategi pendidikan yang diterapkan juga meliputi pengembangan soft skills dan life skills yang relevan dengan dinamika sosial masyarakat, guna membentengi santri dari radikalisme yang berkembang di luar pesantren. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Radikalisasi, Pondok Pesantren Miftahul Ulum

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam ; Radikalisasi ; Pondok Pesantren Miftahul Ulum
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Analisa Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 18 Feb 2025 02:52
Last Modified: 18 Feb 2025 02:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14799

Actions (login required)

View Item View Item