Muhammad Rifqi Naufal, (2024) Perlindungan Konsumen Dan Tanggung Jawab Pelaku Usaha Dalam Transaksi Jual Beli Online Handphone Perspektif Hukum Positif Dan Hukum Islam (Studi Kasus pada Libracell Service HP Cirebon). Bachelor thesis, S1-Hukum Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108202052_1_cover.pdf Download (997kB) |
![]() |
Text
2108202052_2_bab1.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
2108202052_6_bab5.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
2108202052_7_dafpus.pdf Download (116kB) |
Abstract
Tingkat kepuasan konsumen setelah menerima produk melalui transaksi jual beli, baik secara online maupun secara langsung berbeda-beda, sehingga tidak menutup kemungkinan dalam prosesnya ada yang merasa diuntungkan dan ada puas yang merasa dirugikan. Realita yang terjadi di Libracell Service HP Cirebon tidak dapat dipungkiri bahwa dalam pembelian barang tidak sesuai dengan apa yang di harapkan oleh selaku konsumen, tentunya untuk menghadapi risiko tersebut Toko Handphone harus memiliki upaya manajemen risiko. Toko ini dipilih karena populer, memiliki banyak pengunjung, omset besar, dan sudah menjadi distributor. Namun, ada masalah berupa ketidakpuasan konsumen dan kualitas produk yang dianggap kurang baik. Peneliti memiliki tujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah: Bagaimana praktik jual beli online Handphone di Libracell Service Cirebon, Bagaimana tanggung jawab Libracell Service HP Cirebon jika ada cacat produk atau kerusakan, Bagaimana implementasi hukum perlindungan konsumen menurut Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 pada jual beli online Handphone di Libracell Service Cirebon dan Bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik jual beli online dan perlindungan konsumen Libracell Service HP Cirebon. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini ialah desain penelitian deskriptif. artinya penelitian yang berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan tersebut. Data tersebut bisa berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, foto, dokumen pribadi, catatan atau memo, dan dokumen resmi lainnya. Adapun hasil penelitian ini: Libracell Service HP Cirebon menggunakan Instagram dan Facebook untuk menjual handphone online dengan menyediakan kontak, rincian pengiriman, dan kemudahan pembayaran. Dengan staf yang responsif dan produk berkualitas, Libracell membangun kepercayaan pelanggan sesuai UU Perlindungan Konsumen No. 8 Tahun 1999. Libracell memiliki kebijakan garansi untuk produk cacat/rusak, berbeda dengan penjual ponsel pasar gelap yang sering merugikan konsumen. Sesuai UUPK, pelaku usaha wajib menyediakan garansi dan layanan purna jual, dan konsumen berhak menuntut ganti rugi melalui peradilan atau lembaga sengketa. Transaksi jual beli online Libracell memperhatikan perlindungan konsumen dengan pemasaran transparan, opsi pembayaran aman, termasuk COD di wilayah tertentu. Mereka membantu menyelesaikan kendala pengiriman, menunjukkan itikad baik dalam memenuhi hak konsumen sesuai Pasal 4 UUPK. Secara Hukum Ekonomi Syariah, transaksi Libracell memenuhi ketentuan Fatwa DSN-MUI No. 05/2000 tentang pembayaran dan waktu penyerahan. Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Usaha, Jual Beli Online
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah) |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 08:21 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 08:21 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14872 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |