Izmi Nurhidayah, (2024) Analisis Kesiapan Koperasi Alfa Mar’atus Sholihah Kota Cirebon Dalam Meningkatka Daya Saing Diera Digital Melalui Inovasi Produk Dan Layanan Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Bachelor thesis, S1-Hukum Ekonomi Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108202066_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108202066_2_bab1.pdf Download (484kB) |
![]() |
Text
2108202066_6_bab5.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
2108202066_7_dafpus.pdf Download (345kB) |
Abstract
Untuk menunjang keberlangsungan bisnis koperasi di Indonesia, koperasi pun dituntut untuk dapat selalu beradaptasi dengan perubahan iklim bisnis yang ada. Perkembangan pesat teknologi informasi di era Revolusi Industri 4.0 telah membawa dampak signifikan terhadap berbagai sektor, termasuk sektor koperasi. Penerapan teknologi pada koperasi telah menarik perhatian berbagai pihak. Dengan melakukan inovasi dalam sistem informasi digital dapat mendorong pertumbuhan koperasi. Tetapi, meskipun telah mengimplementasikan beberapa teknologi, koperasi Alfa Mar'atus Sholihah belum sepenuhnya menerapkan koperasi digital. Beberapa layanan masih menggunakan manual, serta akun media sosial yang tidak terlalu aktif membuat koperasi Alfa Mar’atus Sholihah tidak diketahui banyak orang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kesiapan Koperasi Alfa Mar’atus Sholihah dalam meningkatkan daya saing di era digital melalui inovasi produk dan layanan berbasis teknologi, dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip hukum ekonomi syariah yang berlaku. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis yang bersifat studi kasus dan dilengkapi oleh sumber data primer dan sekunder. Dari hasil penelitian, pertama, Koperasi Alfa Mar’atus Sholihah Kota Cirebon telah melakukan inovasi dengan beralih dari sistem Auliasoft ke SAKTI.Link pada tahun 2023 untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memenuhi tuntutan pasar yang bergantung pada teknologi digital. Dengan SAKTI.Link, anggota koperasi dapat mengakses informasi keuangan dan melakukan transaksi secara mandiri, yang meningkatkan transparansi dan akuntabilitas. Kedua, koperasi juga telah memulai digitalisasi administrasi dan pemasaran melalui media sosial. Namun, untuk memaksimalkan potensi tersebut, koperasi perlu mengelola media sosial secara intensif dan melakukan evaluasi berkelanjutan. Ketiga, penggunaan SAKTI.Link juga telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah berdasarkan Fatwa DSN-MUI No 117/DSN-MUI/II/2018, yang menghindari unsur riba, gharar, maysir, tadlis, dan dharar, serta menjaga keamanan data anggota. Kata Kunci: Koperasi, Daya Saing, Digitalisasi, Koperasi Alfa Mar’atus Sholihah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah) |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 01:44 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 01:44 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14880 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |