Ilham Ahmad Fauzan, (2025) Pengaruh Manajemen Sekolah Berbasis Segregasi Gender dan Sekolah Berbasis Campuran terhadap Prestasi Belajar Siswa di MA NU Putra, MA NU Putri dan MAN 3 Cirebon. Masters thesis, UIN Siber Syekh Nurjati.
![]() |
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf Download (727kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (271kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada perbandingan antara manajemen sekolah berbasis segregasi gender dan sekolah campuran dalam konteks pendidikan di Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh manajemen sekolah berbasis segregasi gender terhadap prestasi belajar siswa di MA NU Putra dan MA NU Putri, serta menganalisis pengaruh manajemen sekolah campuran terhadap prestasi belajar siswa di MAN 3 Cirebon. Selain itu, penelitian ini juga mengevaluasi apakah sistem segregasi gender dapat menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei, di mana data dikumpulkan melalui pengukuran prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam prestasi belajar siswa antara sekolah berbasis segregasi gender dan sekolah campuran. Siswa di sekolah berbasis segregasi gender cenderung menunjukkan hasil yang lebih baik pada beberapa indikator prestasi belajar dibandingkan dengan siswa di sekolah campuran. Temuan ini mengindikasikan bahwa lingkungan belajar yang terpisah berdasarkan gender dapat memberikan dampak positif terhadap hasil akademik siswa. Kesimpulan utama dari penelitian ini adalah bahwa manajemen sekolah berbasis segregasi gender memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Implikasi dari hasil penelitian ini menyoroti pentingnya mempertimbangkan model manajemen sekolah yang efektif untuk meningkatkan prestasi siswa. Bagi sekolah, hasil ini memberikan wawasan untuk mengevaluasi dan menerapkan pendekatan berbasis segregasi gender sesuai kebutuhan. Bagi pembuat kebijakan, penelitian ini menjadi landasan dalam merumuskan kebijakan pendidikan yang lebih mendukung keberhasilan siswa. Selain itu, penelitian ini memberikan kontribusi teoretis bagi pengembangan teori manajemen pendidikan, sekaligus menjadi rekomendasi untuk praktik terbaik dalam pengelolaan sekolah. Kata Kunci : Manajemen Sekolah, Segregasi Gender, Sekolah Campuran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Sekolah ; Segregasi Gender ; Sekolah Campuran. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 02:16 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 02:16 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14883 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |