PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMK AL-HIDAYAH KOTA CIREBON

Anita Dewi Febriyanti, (2024) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMK AL-HIDAYAH KOTA CIREBON. Masters thesis, UIN Siber Syekh Nurjati.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (492kB)

Abstract

Kinerja guru merupakan faktor krusial dalam keberhasilan proses pendidikan di sekolah. Supervisi akademik dan motivasi kerja merupakan salah satu elemen penting yang dapat mempengaruhi kinerja guru secara signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru, (2) Untuk Mengetahui Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru, (3) Untuk Mengetahui Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan populasi guru sebanyak 49 orang. Dalam penelitian ini, teknik sampling dalam penelitian adalah total sampling sehingga seluruh populasi dijadikan sampel yang digunakan adalah seluruh guru di SMK Al-Hidayah Kota Cirebon. Sampel ini disebut dengan sampel jenuh/sensus, semua anggota populasi dijadikan sampel. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis didapatkan bahwasanya (1) Nilai Sig. variabel X1 (Supervisi Akademik) sebesar 0,603 dimana nilai tersebut > 0,05 maka maka berkesimpulan variable X1 (Supervisi Akademik) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y (Kinerja Guru) atau Ho diterima dan Ha ditolak. (2) Nilai Sig. variabel X2 (Motivasi Berprestasi) sebesar 0,001 dimana nilai tersebut < 0,05 maka berkesimpulan variable X2 (Motivasi Berprestasi) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y (Kinerja Guru) atau Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Berdasarkan hasil koefisien determinasi pengaruh supervisi akademik dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru nilai koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,783. Artinya ada pengaruh antara supervisi akademik dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru sebesar 78,3%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel�variabel lain yang tidak dilibatkan dalam penelitian ini. Saran penulis berdasarkan hasil penelitian yaitu perbaikan dalam supervisi akademik artinya bisa melalui pendekatan yang lebih personal atau terfokus, serta memastikan adanya umpan balik dan dapat ditindaklanjuti. Fokus pada peningkatan motivasi berprestasi artinya bisa dilakukan salah satunya dengan memberikan penghargaan atas prestasi guru. Dan perluasan variabel yang diteliti, selain dari supervisi akademik dan motivasi berprestasi. Kata Kunci : Supervisi Akademik, Motivasi Berprestasi, Kinerja Guru

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik ; Motivasi Berprestasi ; Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 03 Mar 2025 04:24
Last Modified: 03 Mar 2025 04:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14908

Actions (login required)

View Item View Item