Analisis Penilaian Kinerja Perbankan Syariah Dengan Metode Balanced Scorecard Pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Tahun 2019-2023". 2024

Dini Elva Septiani, (2024) Analisis Penilaian Kinerja Perbankan Syariah Dengan Metode Balanced Scorecard Pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. Tahun 2019-2023". 2024. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah UIN SSC.

[img] Text
2008203016_1_cover.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2008203016_2_bab1.pdf

Download (603kB)
[img] Text
2008203016_6_bab5.pdf

Download (524kB)
[img] Text
2008203016_7_dafpus.pdf

Download (645kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Bank Muamalat Indonesia dengan menggunakan metode Balanced Scorecard. Penilaian kinerja yang efektif menjadi krusial bagi perusahaan, namun banyak yang masih terpaku pada tolak ukur keuangan. Balanced Scorecard, metode penilaian komprehensif yang mencakup perspektif keuangan, pelanggan, proses internal, dan pembelajaran, menawarkan solusi yang lebih menyeluruh. Penurunan laba Bank Muamalat Indonesia yang signifikan pada tahun 2023 menjadi alarm untuk menerapkan Balanced Scorecard, guna mengidentifikasi penyebab penurunan dan merumuskan strategi perbaikan kinerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan data sekunder yang diperoleh dari Laporan Keuangan dan Laporan Tahunan Bank Muamalat Indonesia yang dipublikasikan. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi dari website resmi Bank Muamalat Indonesia. Analisis data dilakukan menggunakan metode Balanced Scorecard, dengan menghitung skor untuk setiap perspektif berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Analisis kinerja Bank Muamalat Indonesia menggunakan Balanced Scorecard periode 2019-2023 menunjukkan hasil yang beragam. Dari perspektif keuangan, rasio NPF, FDR dan CAR menunjukkan kinerja sangat baik, sementara rasio ROA, ROE, dan BOPO menunjukkan kinerja yang tidak baik. Pada perspektif pelanggan, Pangsa Pasar dan Profitabilitas Pelanggan menunjukkan kinerja yang kurang baik. Dari perspektif proses bisnis internal, Prosesi Inovasi dan Proses Operasi menunjukkan kinerja yang kurang baik, sedangkan Layanan Purna Jual menunjukkan kinerja yang baik. Terakhir, pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, Retensi Karyawan menunjukkan kinerja yang baik, sedangkan Produktivitas Karyawan dan persentase pelatihan karyawan menunjukkan kinerja yang kurang baik. Kata Kunci: Peniliain Kinerja, Balance Scorecard, Bank Syariah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 04 Mar 2025 02:19
Last Modified: 04 Mar 2025 02:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14914

Actions (login required)

View Item View Item