Pengaruh Digital Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Muamalat KCP Arjawinangun Dengan Service Quality Sebagai Variabel Intervening

Dede Naeni Yustiawati, (2024) Pengaruh Digital Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Muamalat KCP Arjawinangun Dengan Service Quality Sebagai Variabel Intervening. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah UIN SSC.

[img] Text
2108203013_1_cover.pdf

Download (747kB)
[img] Text
2108203013_2_bab1.pdf

Download (546kB)
[img] Text
2108203013_6_bab5.pdf

Download (157kB)
[img] Text
2108203013_7_dafpus.pdf

Download (213kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh digital marketing terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat KCP Arjawinangun dengan service quality sebagai variabel intervening. Dalam era digital yang terus berkembang, bank dituntut untuk memanfaatkan teknologi dalam menarik dan mempertahankan nasabah. Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia, maka perlu adanya strategi digital marketing yang efektif, keberhasilan strategi tersebut tidak terlepas dari pentingnya service quality yang diberikan yang mencakup dalam dimensi CARTER. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan metode penarikan accidental sampling. Populasi pada penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat KCP Arjawinangun dengan jumlah sampel sebanyak 99 responden. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu digital marketing (X), sedangkan variabel kepuasan nasabah Bank Muamalat KCP Arjawinangun (Y) sebagai variabel dependen dan variabel mediasinya yakni service quality (Z). Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni analisis deskriptif dan menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software smartPLS versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap service quality, variabel digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat KCP Arjawinangun, variabel service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Muamalat KCP Arjawinangun dan service quality mampu memediasi pengaruh digital marketing dan kepuasan nasabah Bank Muamalat KCP Arjawinangun. Kata kunci: Digital Marketing, Service Quality, Kepuasan Nasabah, Bank Muamalat

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Mar 2025 01:30
Last Modified: 06 Mar 2025 01:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14938

Actions (login required)

View Item View Item