Pengaruh Marketing Mix 4P dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Siswa di SMKS Nusantara Weru Kabupaten Cirebon

Ati Rahmiati, (2024) Pengaruh Marketing Mix 4P dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Siswa di SMKS Nusantara Weru Kabupaten Cirebon. Masters thesis, UIN Siber Syekh Nurjati.

[img] Text
9. COVER-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (279kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (140kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)

Abstract

Tingginya persaingan kualitas pelayanan lembaga pendidikan saat ini menyebabkan lembaga pendidikan harus berusaha untuk dapat bertahan dan berkembang serta didukung oleh pihak lembaga yang proaktif. Karena itu, layanan sekolah harus mempersiapkan strategi pemasaran jasa pendidikan yang dapat menggandeng sekaligus mempertahankan siswanya. Pihak sekolah juga harus mempertahankan keunggulan sekolah dengan baik agar dapat menciptakan kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan lanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas dan kompetitif. Keberhasilan sekolah dipengaruhi oleh kepuasan pelanggan, maka peningkatan kualitas layanan dan strategi pemasaran menjadi hal yang perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh Marketing Mix dan kualitas layanan terhadap kepuasan siswa, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data numerik untuk mengukur dampak dari Marketing Mix dan kualitas layanan terhadap kepuasan siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SMKS Nusantara Weru Kabupaten Cirebon sebanyak 88 siswa. Instrumen penelitian berupa kuesioner untuk mengukur semua variabel yang sebelumnya telah dilakukan uji instrumen berupa validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda melalui aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan Marketing Mix dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa di SMKS Nusantara Weru Kabupaten Cirebon. Besaran pengaruhnya mencapai 70%. Dari hasil penelitian tersebut, maka salah satu cara yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kepuasan siswa SMKS Nusantara Weru KabupatenCirebon adalah dengan mengembangkan kualitas layanan dan Marketing Mix. Kata Kunci : Marketing Mix, Kualitas Layanan, Kepuasan Siswa

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix ; Kualitas Layanan ; Kepuasan Siswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 13 Mar 2025 07:45
Last Modified: 13 Mar 2025 07:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14998

Actions (login required)

View Item View Item