Sherly Nur Jamila, (2024) Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Brand Image Terhadap Keputusan Menggunakan Produk Perbankan Syariah Pada Aktivis Mahasiswa FEBI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah UIN SSC.
![]() |
Text
2108203193_1_cover.pdf Download (558kB) |
![]() |
Text
2108203193_2_bab1.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
2108203193_6_bab5.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
2108203193_7_dafpus.pdf Download (248kB) |
Abstract
Pertumbuhan pesat perbankan syariah di indonesia sangat erat kaitannya dengan meningkatnya kesadaran mahasiswa akan pentingnya literasi keuangan Syariah. Pemahaman yang baik mengenai produk perbankan Syariah, serta upaya perbankan Syariah dalam membangun brand image yang kuat dianggap sebagai kunci yang dapat berkontribusi pada peningkatan keputusan menggunakan produk perbankan Syariah pada Aktivis Mahasiswa FEBI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh literasi keuangan Syariah dan brand image terhadap keputusan menggunakan produk perbankan Syariah pada Aktivis Mahasiswa FEBI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan menggunakan data primer, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling dengan jenis proposional sampling. Dengan demikian dapat diketahui sampel dalam penelitian ini berjumlah 79 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Penelitian ini menggunakan bantuan software statistic Smart PLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan Syariah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan produk Perbankan Syariah dengan nilai p value 0.000 < 0.05 dan t-statistics 62.029 > 1.96. Variabel brand image secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan produk Perbankan Syariah dengan nilai p value 0.036 < 0.05 dan t-statistics 2.101 > 1.96. Variabel literasi keuangan Syariah dan variabel brand image secara simultan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan dalam menggunakan produk Perbankan Syariah, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil nilai Goodness of Fit PLS 0.78 termasuk kedalam kategori tinggi yaitu diantara 0.38 sampai dengan 1. Adapun besaran pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Brand Image terhadap keputusan penggunaan produk perbankan Syariah yaitu sebesar 99.2% sisanya sebesar 0.8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar yang diteliti. Kata Kunci: Literasi Keuangan Syariah, Brand Image, Keputusan Penggunaan, Produk Perbankan Syariah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 03:19 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 03:19 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15012 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |