Analisis Manajemen Pembiayaan Bermasalah Pada Akad Murabahah Di BMT Al Bahjah Cirebon

Nico Maulana Iqbal, (2024) Analisis Manajemen Pembiayaan Bermasalah Pada Akad Murabahah Di BMT Al Bahjah Cirebon. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah UIN SSC.

[img] Text
2008203066_1_cover.pdf

Download (938kB)
[img] Text
2008203066_2_bab1.pdf

Download (387kB)
[img] Text
2008203066_6_bab5.pdf

Download (414kB)
[img] Text
2008203066_7_dafpus.pdf

Download (534kB)

Abstract

Perkembangan industri keuangan syariah di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Salah satu lembaga keuangan syariah yang memiliki peran penting dalam mendukung ekonomi masyarakat adalah Baitul Maal wat Tamwil (BMT). Sebagai lembaga keuangan mikro syariah, Baitul wat Tamwil (BMT) menawarkan berbagai produk pembiayaan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat kecil dan menengah. Salah satu produk unggulan (Baitul wat Tamwil) BMT adalah pembiayaan berbasis akad murabahah, yang digunakan untuk pembelian barang dengan prinsip jual beli yang transparan dan adil. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis apa saja faktor – faktor yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada pembiayaan murabahah di (Baitul wat Tamwil) BMT Al – Bahjah Cirebon. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan sumber data primer yaitu diambil dari observasi dan wawancara, serta data sekunder berupa studi kepustakaan dan dokumentasi lainnya, kemudian keseluruhan data dikumpulkan selanjutnya dianalisis hingga memperoleh kesimpulan. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu: (1) faktor yang menyebabkan terjadinya pembiayaan bermasalah yaitu kurang telitinya pihak Baitul wat Tamwil (BMT) yang berupa data nasabah yang kurang lengkap atau jaminan yang diberikan kurang kuat dan nasabahnya yang menghindari pembayaran pada saat jatuh tempo sehingga terjadinya kredit macet yang beresiko terjadinya kerugian. (2) Upaya yang dilakukan dengan melihat BI Cheking nasabah/Slik, memverifikasi secara detil dalam memberikan pembiayaan harus nabung selama 3 bulan, dan memakai reverensi dari anggota ke anggota. Hal tersebut agar lebih mudah melihat dari segi karakteristik kepribadian maupun keuangan nasabah nasabah tersebut baik dan tidak ada itikad buruk. (3) Efektivitas yang dilakukan yaitu sebelum melakukan pemberian pembiayaan terhadap calon nasabah mewajibkan calon nasabah agar mempunyai rekening tabungan di Baitul wat Tamwil (BMT) Al-Bahjah Cirebon, dilakukan pendekatan persuasive dengan mengetahui penyebab nasabah mengalami kendala dalam membayar hutangnya dan harus meningkatkan dan menjaga komunikasi yang baik dengan nasabah. Kata Kunci: Manajemen, Pembiayaan Bermasalah, Akad Murabahah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 17 Mar 2025 04:27
Last Modified: 17 Mar 2025 04:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15026

Actions (login required)

View Item View Item