PENGARUH PEMBELAJARAN BIOENTREPRENEURSHIP PADA MATERI KINGDOM PLANTAE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS X DI MAN 1 KABUPATEN CIREBON

DWI NOVITA SARI, (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BIOENTREPRENEURSHIP PADA MATERI KINGDOM PLANTAE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS X DI MAN 1 KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi.

[img] Text
1808106212_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1808106212_2_bab1.pdf

Download (122kB)
[img] Text
1808106212_6_bab5.pdf

Download (27kB)
[img] Text
1808106212_7_dafpus.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguasaan keterampilan di abad 21, salah satunya ialah keterampilan berfikir kreatif. Untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif maka diperlukan penerapan pembelajaran yang bervariatif sehingga mampu meningkatkan keterampilan berfikir kreatif pada siswa. Penerapan pembelajaran Bioentrepreneurship merupakan salah satu penerapan pembelajaran yang paling tepat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif pada siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan pembelajaran Bioentrepreneurship pada materi Kingdom Plantae kelas X di MAN 1 Cirebon dan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran Bioentrepreneurship terhadap keterampilan berfikir kreatif siswa kelas X pada materi kingdom Plantae. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah the matching only dengan pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purpose dengan sampel sebenyak 72 siswa. Penerapan pembelajaran Bioentrepreneurship didapatkan hasil bahwa setiap pertemuannya terdapat peningkatan pada aktivitas belajar siswa, sehingga dapat diketahui bahwa perbedaan peningkatan keterampilan berfikir kreatif pada siswa diperoleh rara-rata rata-rata pretest kelas kontrol diperoleh nilai 53,33 sedangkan pretest pada kelas eksperimen diperoleh nilai 58,66. Artinya bahwa nilai pretest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hal tersebut juga berlaku pada nilai posttest pada kelas kontrol yang diperoleh nilai rata-rata sebesar 64,25 sedangkan nilai postest pada kelas eskperimen sebesar 77,91. rata-rata presentase N-gain, kelas eksperimen sebesar 48% lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol dengan nilai sebesar 23%. Respon siswa terhadap penerapan Bioentrepreneurship presentase 88,88% dan respon paling sedikit terdapat kategori cukup dengan presentase 11,11%. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa memberikan respon positif terhadap penerapan pembelajaran Bioentrepreneurship dalam materi Kingdom Plantae.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 17 Mar 2025 04:32
Last Modified: 17 Mar 2025 04:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15028

Actions (login required)

View Item View Item