PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI UNTUK KELAS XI SMA

Siti Fatimah, (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI UNTUK KELAS XI SMA. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi.

[img] Text
1908106178_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1908106178_2_bab1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
1908106178_6_bab5.pdf

Download (342kB)
[img] Text
1908106178_7_dafpus.pdf

Download (239kB)

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi antara peserta didik dan pendidik, selain itu komponen lainnya berupa tujuan, bahan, metode, media, dan penilaian. Media pembelajaran penting dalam memfasilitasi proses pembelajaran. Penelitian ini menyoroti media pembelajaran berupa modul dengan pendekatan kontekstual. Pendekatan pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Hal tersebut akan mendorong siswa membuat antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang dikhususkan pada modul Biologi. Penelitian ini menggunakan model 4-D untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan dari pengembangan modul pembelajaran berbasis kontekstual dengan model 4-D, mengetahui kelayakan modul pembelajaran berbasis kontekstual dan untuk mengetahui respon siswa terhadap modul pembelajaran tersebut. Tahapan tahapan 4-D dalam penelitian ini meliputi tahap pertama pendefinisian (Define), tahap kedua perencanaan (Design), tahap ketiga pengembangan (Development) dan tahapan keempat penyebaran (Disseminate). Hasil penilaian valodator para ahli terhadap modul pembelajaran berbasis kontekstual pada materi sistem ekskresi yang telah dikembangan, pada aspek materi memperoleh nilai rata-rata indeks sebesar 0.94 dengan kriteria "Sangat Layak". Sementara pada aspek media memperoleh nilai rata-rata indeks sebesar 1.0 dengan kriteria "Sangat Layak". Hasil evaluasi siswa terhadap modul pembelajaran berbasis kontekstual menunjukkan hasil kelayakan 85% dengan jumlah siswa yang tuntas 23 orang dari 26 orang. Hasil respon siswa terhadap penggunaan modul pembelajara berbasis kontekstual pada materi sistem ekskresi memperoleh nilai rata-rata persentase 91,3% dengan kriteria "Sangat Layak"

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 17 Mar 2025 05:48
Last Modified: 17 Mar 2025 05:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15034

Actions (login required)

View Item View Item