PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN NEARPOD TERHADAP KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

Aida Masitoh, (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN NEARPOD TERHADAP KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Bachelor thesis, S1 - Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi.

[img] Text
2008106024_1_cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2008106024_2_bab1.pdf

Download (308kB)
[img] Text
2008106024_6_bab5.pdf

Download (290kB)
[img] Text
2008106024_7_dafpus.pdf

Download (537kB)

Abstract

Keterampilan abad 21 mencakup keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi, Kolaborasi kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, perbedaan peningkatan keterampilan pengambilan keputusan, faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, tes, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI MIPA di SMAN 2 Majalengka yang berjumlah 216 orang. Sampel yang digunakan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini diolah dan dianalisis dengan bantuan IBM SPSS Statistics Version 20. Hasil aktivitas siswa pada pertemuan pertama dengan presentase 66,7%, pada pertemuan kedua meningkat sebesar 73,6%, dan pertemuan ketiga juga terjadi peningkatan yakni sebesar 79,4%. Hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-tes menunjukkan perbedaan signifikan antara rata-rata hasil keterampilan pengambilan keputusan siswa kelas ekperimen dan kontrol. Nilai signifikansi dari kedua uji tersebut 0,000<0,05. Aktivitas belajar siswa melalui penerapan model PBL berbantuan Nearpod meningkat pada setiap pertemuannya. Terdapat perbedaan peningkatan keterampilan pengambilan keputusan siswa. Faktor pendukung dalam pembelajaran memudahkan akses informasi untuk mengambil keputusan, serta penggunaan fitur games membuat pembelajaran lebih menarik. Faktor penghambat dalam pembelajaran yaitu penggunaan media baru yang membutuhkan koneksi internet.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 17 Mar 2025 06:50
Last Modified: 17 Mar 2025 06:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15039

Actions (login required)

View Item View Item