Septi Nurdwi Setya Ningrum, (2024) KEEFEKTIVAN PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA FABEL BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI TK PGRI MAYUNG. Other thesis, S1 - Tadris Bahasa Indonesia.
![]() |
Text
1908110046_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
1908110046_2_bab1.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
1908110046_6_bab5.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
1908110046_7_dafpus.pdf Download (241kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media buku cerita fabel bergambar terhadap kemampuan berbicara anak usia dni di TK PGRI Mayung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimentaldimana tidak terdapat kelas kontrol dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik sampel purposive sampling dengan kriteria khusus, adapun sampelnya berjumlah 20 dari anak-anak TK PGRI Mayung dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik observasi dilakukan agardapat mengetahui hasil data kemampuan berbicara anak sesudah maupun sebelum diberi perlakuan berupa media buku cerita fabel bergambar. Teknik pengujian tes lisan juga dilakukan guna mendapat hasil awal dan akhir untuk menguji berpengaruh atau tidaknya media yang digunakan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode bukucerita fabel bergambar terhadap kemampuan berbicara anak kelas B di TK PGRI Mayung Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon Utara dimana dari hasil adanya perubahan skor antara pre test dengan post test dimana nilai post test lebih tinggi dari nilai pretest. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai two-tail lebih rendah (0,000443414) dari nilai signifikansi (0,05) artinya terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah adanya perlakuan maka Ho ditolak dan HI diterima. Ditarik kesimpulan bahwa media buku cerita fabel bergambar signifikasi atau penting digunakan terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di kelompok B TK PGRI Mayung karena dengan menggunakan media ini diperoleh keefektifan berupa pembelajaran yang sesuai dengan rencana, pemahaman anak terhadap karakteristik tokoh binatang, kemampuan kognitif dan keberanian diri meningkat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 03:21 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 03:21 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/15057 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |